Sukses

Atikoh Temui Simpatisan Ganjar-Mahfud di Lampung, Dicurhati Soal Kelangkaan Pupuk Subsidi

Atikoh menyatakan, kelangkaan pupuk subsidi menjadi persoalan yang sering ia dengar saat melakukan perjalanan ke berbagai daerah selama masa kampanye. Oleh sebab itu, menurutnya, diperlukan integrasi data kependudukan melalui KTP Sakti agar pembagian pupuk subsidi tepat sasaran.

Liputan6.com, Jakarta - Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti bertemu relawan dan simpatisan Ganjar-Mahfud Md di sela-sela safari politik di Lampung. Atikoh dicurhati oleh seorang simpatisan terkait kelangkaan pupuk bersubsidi.

Atikoh menyatakan, kelangkaan pupuk subsidi menjadi persoalan yang sering ia dengar saat melakukan perjalanan ke berbagai daerah selama masa kampanye. Persoalan tersebut tak dipungkiri memberatkan para petani.

"Hampir sama sebetulnya yang disampaikan, yang pertama adalah kelangkaannya pupuk subsidi karena ini sangat memberatkan bagi petani," kata Atikoh di Rest Area Ogan Komering Ilir, Lampung, Kamis (11/1/2024).

Oleh sebab itu, menurutnya, diperlukan integrasi data kependudukan melalui KTP Sakti agar pembagian pupuk subsidi tepat sasaran. Selain itu, kuota pupuk subsidi diharapkan juga sesuai dengan jumlah petani yang membutuhkan.

"Harapannya nanti data dari petani yang membutuhkan pupuk subsidi itu benar-benar bisa diaspirasikan kemudian pupuk-pupuk bersubsidi itu jumlahnya bisa memenuhi kuota yang ada, memenuhi kebutuhan yang ada," jelas Atikoh.

Atikoh tidak menampik, keberadaan pupuk bersubsidi yang memadai bagi petani masih menjadi PR besar bagi pemerintah di Indonesia. Terlebih, kata dia, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dan subur untuk bertani.

"Ini menjadi PR, agar menjadi prioritas karena sebetulnya negara kita itu kan negara yang gemah ripah loh jinawi, tanahnya subur tentu potensi pertaniannya sangat luar biasa," kata Atikoh Ganjar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Atikoh Siap Jadi Penyambung Lidah Rakyat

"Dan tentu kasian masyarakat ketika terutama petani ketika membutuhkan pupuk ternyata tidak ada. Ketika panen harganya turun dan ini diperlukan sekali keberpihakan dari kita agar mereka bisa meningkatkan daya hidupnya," lanjut Atikoh.

Meski begitu, di hadapan para relawan dan simpatisan Ganjar-Mahfud, Atikoh mengaku tidak berani mengumbar janji terkait kelangkaan pupuk bersubsidi.

Namun, Atikoh memastikan akan mencatat aspirasi dan keluhan tersebut untuk disampaikan ke Ganjar dan Mahfud.

"Tentu saja saya tidak bisa bilang jadi sekarang ya, karena tidak dalam lingkup pemegangnya kebijakan yang ada sekarang. Meskipun nanti ketika InsyaAllah Mas Ganjar dan Prof Mahfud itu mendapat amanah, saya tidak berhak juga dari sisi kebijakan, tapi saya bisa menjadi penyambung lidah masyarakat," ujar Atikoh.

3 dari 4 halaman

Didoakan Jadi Ibu Negara

Istri Calon Presiden (Capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti bertemu dengan para simpatisan dan sukarelawan pendukung Ganjar-Mahfud di sela-sela kampanye di Lampung. Siti Atikoh hendak menuju Palembang.

Pertemuan Siti Atikoh dengan relawan dan simpatisan berlangsung di Rest Area KM 234 A Toll Bakauheni - Kayu Agung, Way Serdang, Mesuji Regency, Lampung, Kamis (11/1/2024).

Berdasarkan pantauan, Atikoh disambut antusias para sukarelawan yang ada di rest area KM 234. Para relawan dan simpatisan membentangkan spanduk penyambutan untuk Atikoh.

Selain itu, mereka juga mengenakan kaus berwarna merah bergambar dan bertuliskan Ganjar-Mahfud. Mereka menyambut Atikoh dan memberikan buket bunga.

Perwakilan relawan, menyampaikan kepada Atikoh harapan mereka untuk pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud. Mereka berharap Ganjar-Mahfud menang di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Selamat datang calon ibu negara. Semoga ke depan kalau ke sini lagi sudah menjadi ibu negara," kata seorang ibu kepada Atikoh.

 

4 dari 4 halaman

Puji Kekerabatan Warga Lampung

Sementara itu, Atikoh menyatakan terharu dengan sambutan relawan dan simpatisan pendukung Ganjar-Mahfud. Dia mengaku tidak menyangka akan banyak massa pendukung yang menyambut kedatangannya di waktu yang singkat tersebut.

"Saya enggak menyangka sambutan seperti ini. Saya kira hanya beberapa orang. Ternyata sampai seperti ini," kata Atikoh.

Lebih lanjut, dia juga memuji kekerabatan masyarakat Lampung. Menurutnya, kekerabatan masyarakat Lampung amat erat.

"Masyarakat Lampung itu luar biasa sekali kekerabatannya. Lampung ini selalu memperlihatkan kebhinekaan. Semoga pertemanan kita langgeng dan perjuangan kita bisa mendapat hasil maksimal pada 2024," ucap Atikoh.

Setelah itu, Atikoh berfoto bersama dengan seluruh relawan. Dia lalu juga berkesempatan untuk berbincang santai dengan para relawan Ganjar-Mahfud di rest area sebelum melanjutkan safari politik ke Palembang dengan perjalanan darat melewati jalur Tol Sumatera.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.