Sukses

Wanita Tani di Pringsewu Lampung Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Dalam deklarasinya, wanita tani meyakini pasangan Ganjar-Mahfud merakyat serta mampu menyelesaikan permasalahan rakyat dengan cepat.

Liputan6.com, Jakarta Wanita Tani di Pringsewu, Lampung, mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud Md di pilpres 2024.

Deklarasi dukungan dari Wanita Tani itu dihadiri oleh istri Ganjar, Siti Atikoh Supriyanti. Deklarasi dukungan untuk Ganjar-Mahfud itu dibacakan Koordinator Umum Relawan Wanita Tani Provinsi Lampung, Tino Yulianti.

"Kami Relawan Wanita Tani dengan segenap hati mendukung penuh dan siap memenangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia tahun 2024-2029," kata Tino dalam acara bertajuk 'Rembug Wanita Tani' di Lapangan Bola Sukoyoso, Pringsewu, Lampung, Selasa (9/1/2024).

Acara deklarasi itu dibarengi dengan syukuran hasil bumi para petani. Dalam deklarasinya, wanita tani meyakini pasangan Ganjar-Mahfud merakyat serta mampu menyelesaikan permasalahan rakyat dengan cepat.

"Seperti sulitnya pasokan pupuk, irigasi air, mahalnya harga sembako, sulitnya biaya sekolah, akses bansos yang timpang, akses kesehatan yang belum merata, dan rendahnya partisipasi perempuan petani dalam pengambilan keputusan," ucap Tino.

Tino menyampaikan, dengan deklarasi tersebut para Wanita Tani di Pringsewu siap menjaga jalannya kontestasi lima tahunan dari upaya penyalahgunaan demi meraih kekuasaan.

"Kami Relawan Wanita Tani siap mengawal jalannya pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan keadilan," kata Tino.

"Hidup petani Indonesia. Hidup Ganjar-Mahfud. Menang, menang, menang," sambungnya.

Pada kesempatan ini, Atikoh Ganjar juga membuka kesempatan untuk berdialog dengan para petani. Dia mendengar keluh kesah serta menyerap aspirasi para petani Pringsewu.

Acara deklarasi, dengan pemotongan tumpeng dan pembagian hasil bumi para petani sebagai wujud syukur kepada warga yang hadir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sapa Srikandi PDIP di Lampung, Siti Atikoh Ganjar: Perempuan Kokoh Indonesia Kokoh

Istri Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti menyapa srikandi PDI Perjuangan (PDIP) dan simpatisan pendukung Capres dan Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud Md di Lapangan Sri Tanjung, Lampung Selatan, Selasa (9/1/2024).

Atikoh menilai, perempuan sebagai kelompok masyarakat yang memiliki kreativitas luar biasa. Selain itu, kata dia perempuan juga memiliki ketabahan dan semangat juang luar biasa termasuk dalam kondisi krisis.

"Ini terlihat ketika mulai dari krisis moneter 98. Kemudian kemarin ketika Pandemi perempuan-perempuan inilah yang menjadi penyelamat keluarga, bangsa, dan negara," kata Atikoh.

Atikoh menyampaikan, Ganjar-Mahfud membawa semangat yang sama terkait dengan program-program pemberdayaan perempuan. Pasalnya, perempuan punya peran yang penting untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang unggul dan tangguh.

"Jadi ada hal yang ingin saya tekankan untuk srikandi-srikandi yang ada di Lampung Selatan, kalau perempuan kokoh, Indonesia kokoh. Kalau perempuan teguh, Indonesia akan tangguh. Kalau perempuan kuat, Indonesia pasti akan hebat, dan kalau perempuan berdaya, Indonesia jaya," ujar Atikoh.

"Dan agar Indonesia jaya, jangan lupa pilpresnya pilih nomor? Tiga," sambungnya.

Selain itu, pada kesempatan ini Siti Atikoh juga mengenalkan program KTP sakti sebagai program satu kartu terpadu dan terintegrasi bagi seluruh keluarga di Indonesia. Menurutnya, KTP sakti juga perlu diterapkan di Lampung Selatan.

Dia menjelaskan, melalui KTP Sakti nantinya masyarakat hanya butuh satu kartu untuk mendapatkan program bantuan sosial dari pemerintah. Dia menyebut, langkah ini merupakan salah satu cara Ganjar-Mahfud Md untuk mengentaskan kemiskinan.

3 dari 3 halaman

Saat Tiba di Lampung, Siti Atikoh Ganjar Disambut Seni Bela Diri Pincak Khakot

Sebelumnya, Siti Atikoh tiba di Bandar Utara Internasional Radin Inten II, Lampung, Selasa (9/1/2024) pukul 08.38 WIB. Dia disambut jajaran pengurus partai pengusung Ganjar-Mahfud hingga sukarelawan dan simpatisan.

Atikoh diberikan selendang atau kain Tapis khas Lampung dan buket bunga. Atikah tampil santai mengenakan padu padan celana panjang berwarna krem dan blouse warna hijau dengan kerudung hitam.

"Kami senang menyambut ibu," kata salah satu penyambut.

"Terima kasih," balas Atikoh Ganjar sambil tersenyum.

Selepas itu, Atikoh juga disuguhkan dengan kesenian khas Lampung yakni seni bela diri Pincak Khakot. Tampak Atikoh menyaksikan dengan antusias dan sesekali tersenyum semringah menyaksikan kesenian tersebut.

Berdasarkan rencana perjalanan, Atikoh hari ini bakal blusukan ke beberapa daerah di Lampung seperti Lampung Selatan, Kabupaten Pringsewu, hingga Kabupaten Pesawaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.