Sukses

Respons Airlangga soal Pertemuan Jokowi dengan Prabowo Disebut Bentuk Dukungan

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tak mau langsung menilai pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan bentuk dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tak mau langsung menilai pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan bentuk dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia meminta agar hal tersebut ditanyakan langsung ke Jokowi.

"Itu harus tanyanya ke Pak Jokowi," kata Airlangga di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024).

Dia mengatakan pemerintah harus tetap berjalan, di tengah pelaksanaan Pemilu 2024. Airlangga menyampaikan kementerian harus tetap melapor ke Jokowi terkait program perekonomian, pelayanan publik, dan bantuan sosial.

"Program-program ini sudah kami lakukan, rata-rata sudah 5 tahun. Jadi ini yang terus kita jaga, karena kita jaga daya beli masyarakat," ujarnya.

Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran itu memastikan Jokowi tetap netral, meski melakukan pertemuan empat mata dengan Prabowo. Airlangga mengatakan masyarakat tak perlu khawatir soal kecurangan Pilpres 2024 sebab Pemilu 2024 digelar secara terbuka.

"Pemerintah netral, kami tidak khawatir karena Pemilu kan secara terbuka. Wartawan bisa ada dimana-mana, KPU-nya jelas, Bawaslu-nya ada, sehingga kita percayakan," jelas Airlangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Bertemu Prabowo

Sebelumnya, Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto mengunggah foto dirinya tengah makan malam berdua dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Jumat, 5 Januari 2024. Keduanya makan malam di salah saru restoran di kawasan Jakarta Pusat.

"Selamat berakhir pekan," tulis Prabowo dikutip dari akun Instagramnya @prabowo, Sabtu (6/1/2024).

Ada dua foto yang diunggah Prabowo di akun media sosialnya. Foto pertama memperlihatkan Prabowo dan Jokowi makan berdua dan duduk saling berhadap-hadapan di satu meja makan.

Jokowi dan Prabowo tampak sedang menikmati makanan yang dihidangkan. Sedangkan foto kedua, Jokowi terlihat sedang tertawa lebar kepada Prabowo.

Jokowi tampak mengenakan kemeja bewarna putih, sedangkan Prabowo memakai batik bermotif cokelat. Belum diketahui apa yang diperbincangkan kedua tokoh politik itu.

3 dari 3 halaman

Jokowi Bertemu Airlangga

Setelah itu, Jokowi melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/1/2024). Keduanya sarapan dan olahraga pagi bersama.

"Tadi pagi jalan dan makan pagi (dengan Presiden Jokowi)," kata Airlangga kepada wartawan di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Santu (6/1/2024).

Airlangga mengakui dirinya sempat berbicara empat mata dengan Jokowi. Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu juga membenarkan sempat membahas soal Pilpres 2024.

"Kalau Pilpres, kalau pembicaraan ya ada. Tapi apa yang dibicarakan, rahasia," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini