Sukses

LSI Denny JA: Mayoritas Masyarakat yang Puas dengan Kinerja Jokowi Pilih Prabowo-Gibran

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mencatat tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo mencapai 78,2 persen di akhir tahun 2023. Sementara yang tidak puas 20,6 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mencatat tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo mencapai 78,2 persen di akhir tahun 2023. Sementara yang tidak puas 20,6 persen. Hal ini terlihat dalam survei terbaru yang dirilis pada Jumat (29/12/2023).

Adapun dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi ini terlihat pilihan capres dan cawapres.

Masyarakat yang puas terhadap kinerja Jokowi, cenderung memilih pasangan calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dengan angka 47,7 persen, disusul oleh pasangan calon presiden nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD 26,4 persen, lalu pasangan calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

"Di segmen yang sangat puas/puas terhadap presiden Jokowi, mayoritas memilih Prabowo-Gibran," kata peneliti LSI, Denny JA Adjie Alfaraby, dalam rilis survei, Jumat (29/12/2023).

Sementara itu, masyarakat yang tidak puas dengan kinerja Jokowi lebih banyak memilih Anies-Muhaimin, yaitu angkanya mencapai 46,9 persen.

Pilihan capres-cawapres kedua oleh orang yang tidak puas kinerja Jokowi adalah Prabowo-Gibran dengan angka 28,1 persen. Terakhir Ganjar-Mahfud dengan angka 10,1 persen.

"Di segmen yang kurang/tidak puas terhadap Presiden Jokowi, mayoritas memilih Anies," kata Adjie.

LSI Denny JA menggelar wawancara tatap muka pada 17-23 Desember 2023. Survei memiliki 1200 responden dengan metode pengambilan sample multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 2,9 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

LSI Denny JA: Prabowo-Gibran 43,3 Persen, Anies-Cak Imin 25,3 Persen, Ganjar-Mahfud 22,9 Persen

Di sisi lain, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA juga merilis hasil survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pilpres 2024 di penghujung tahun 2023. Terjadi pergerakan elektabilitas tiga calon presiden dan calon wakil presiden yang cukup signifikan.

Pada survei yang dirilis Jumat (29/12/2023), pasangan capres-cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ada di posisi puncak dengan angka elektabilitas 43,3 persen.

Elektabilitas Prabowo-Gibran setelah debat capres dan cawapres mengalami peningkatan dari sebelumnya di awal Desember sebesar 41,2 persen.

Posisi kedua kini ditempati oleh pasangan capres-cawapres nomor urut satu, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Pasangan berjuluk AMIN menyalip pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Elektabilitas terbaru Anies-Cak Imin mencapai angka 25,3 persen. Ada peningkatan dari 23,8 persen sebelum debat capres dan cawapres pada awal Desember 2023.

Kemudian, Ganjar-Mahfud mengalami penurunan elektabilitas. Pada penghujung tahun, elektabilitas pasangan yang diusung PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo ini sebesar 22,9 persen.

Ganjar-Mahfud mengalami penurunan dari sebelum debat capres-cawapres. Yaitu sebelumnya berada di angka 26,8 persen pada awal Desember 2023.

3 dari 3 halaman

Metode Survei

Diketahui, LSI Denny JA menggelar wawancara tatap muka pada 17-23 Desember 2023.

Survei memiliki 1.200 responden dengan metode pengambilan sample multistage random sampling. Margin of error survei kurang lebih 2,9 persen.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.