Sukses

Ganjar Ungkap Isi Wejangan Sri Sultan Hamengkubuwono, Apa Itu?

Perbincangan Ganjar pada Rabu (27/12/2023) sore dan berlangsung selama dua jam. Kepada awak media, Ganjar mengaku mendapat wejangan dalam pelbagai hal.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakarta. Ganjar diterima langsung, kemudian diajak berbincang secara internal dan tertutup dari sorot kamera. 

Perbincangan Ganjar pada Rabu (27/12/2023) sore dan berlangsung selama dua jam. Kepada awak media, Ganjar mengaku mendapat wejangan dalam pelbagai hal. Khususnya soal perkembngan bangsa dan dunia yang semakin dinamis.

"Ya tentang perkembangan bangsa negara. Perubahan dunia yang sangat turbular, distruksi terjadi di Indonesia," kata Ganjar seperti dikutip Kamis (28/12/2023).

Berdasarkan nasihat yang diterimanya, Sri Sultan Hamengkubuwono X berpesan agar Indonesia bisa menempatkan posisinya mengikuti dinamika internasional tapi tidak lupa pada kepentingan nasional. 

“Aspeknya banyak polugrinya (politik luar negeri), ada psikologinya, ada pertahanannya ada," urai Ganjar.

Usai pertemuan, Ganjar juga menyampaikan rasa terima kasihnya karena Sri Sultan Hamengkubuwono X karena  berkenan menemuinya. Hal itu disampaikan Ganjar, melalui akun Instagram pribadinya.

“Hangajeni, hangayomi saha handarbeni. Maturnuwun Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X berkenan menerima dan memberi wejangan kepada saya di Kepatihan Yogyakarta,” tulis Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Minta Restu Sultan

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kepatihan Yogyakarta, Rabu (27/12). Usai pertemuan secara internal, keduanya menyampaikan isi perbincangan kepada awak media. 

“Tentang bangsa dan negara, saya sekolah di sini, lama di sini, beliau sesepuh ya banyak nasehatlah, situasi dan kondisi hari ini yang perlu kita jaga kondusivitasnya, intinya itu saja,” kata Ganjar di lokasi, seperti dikutip Kamis (28/12/2023).

Awak media kemudian bertanya, apakah hadirnya Ganjar juga turut meminta restu dari Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk pencalonan dirinya sebagai calon presiden 2024. Dia pun mengiyakan hal tersebut.

“Pokoknya doa restu untuk keselamatan apapun ya pencalonan ya bangsa ini, ya semuanya,” jawab Ganjar.

Selain restu, awak media lalu bertanya apakah Ganjar juga meminta dukungan Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk suara di Pemilu 2024. Sayangnya, hal itu tidak dijawab dengan tegas.

“Ya seluruh masyarakat Jogja kita minta dukungannya,” Ganjar menandasi.

Melalui akun Instagramnya, Ganjar menyampaikan rasa terimakasihnya karena Sri Sultan Hamengkubuwono X karena berkenan menemuinya.

“Hangajeni, hangayomi saha handarbeni. Maturnuwun Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengkubuwono X berkenan menerima dan memberi wejangan kepada saya di Kepatihan Yogyakarta,” tulis Ganjar seperti dikutip Kamis (28/12/2023).

Berdasarkan foto diterima, Ganjar tampak bersalaman erat dengan Sri Sultan Hamengkubuwono X. Keduanya juga saling melempar senyum. Selain itu, keduanya pun kompak mengenakan batik yang sama-sama berwarna cerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini