Sukses

Sikap Atikoh Ganjar Peduli Disabilitas di Rakornas Pijar

Istri calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh sempat berbincang dan bahkan menghentikan materinya saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2023 Perempuan Indonesia Pilih Ganjar (PIJAR).

Liputan6.com, Jakarta Istri calon presiden nomor urut 3Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Ganjar sempat berbincang dan bahkan menghentikan materinya saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2023 Perempuan Indonesia Pilih Ganjar (PIJAR).

Hal itu lantaran ada penyandang disabilitas yang memerlukan penerjemah bahasa isyarat.

“Mohon maaf ya semua,” tutur Siti Atikoh di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (16/12/2023).

Atikoh tampak gelisah lantaran tidak dapat menghadirkan penerjemah bahasa isyarat. Namun begitu, panitia acara berjanji menyediakan naskah untuk nanti dapat dibaca oleh para penyandang disabilitas yang hadir.

Sikap pedulinya pun juga sempat ditunjukkannya saat baru tiba di lokasi acara. Awalnya, alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu berkeliling melihat stan-stan milik pelaku UMKM.

Atikoh melihat berbagai jajan pasar seperti kue, kopi, dan jus. "Jus kedondong, segar. Segar," jelas dia.

Tidak ketinggalan dia juga menyasar stan penjual kaos merchandise Ganjar-Mahfud dan langsung memilih warna hitam berukuran S. Usai berbelanja, Atikoh berbincang dengan seorang disabilitas menggunakan bahasa isyarat.

Dia tampak berusaha untuk berkomunikasi dengan disabilitas menggunakan bahasa isyarat.

“A, t, i, k, o, h,” kata Atikoh menggunakan bahasa isyarat yang diajarkan oleh disabilitas.

Usai bercengkrama dan tertawa bersama, mereka berfoto bersama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siti Atikoh Sebut Anak Muda Butuh Ruang untuk Tempat Kreatif

Istri Calon Presiden Ganjar Pranowo, Siti Atikoh mengatakan bahwa seorang anak muda dapat memiliki hal yang kreatif ketika mereka diberikan ruang. Tak hanya itu, dukungan orang tua juga menjadi sesuatu yang sangat penting untuk memajukan ide kreatif mereka.

“Ya, ini membuktikan bahwa anak muda itu memang mereka kreatif kalau diberi ruang dan kita sebagai orang tua itu mensupport, mendampingi dan apa yang mereka butuhkan itu kita bisa diskusikan,” kata dia saat diwawancarai usai nobar film “Jatuh Cinta Seperti di Film-Film” di CGV Grand Indonesia, Rabu (13/12/2023).

Di sisi lain, Siti Atikoh mengungkapkan jika Alam dan Ganjar memiliki selera film yang berbeda dengan dirinya. Menurut dia, Alam dan Ganjar memiliki tipe film yang seperti tipe pria pada umumnya.

“Kalau Alam tuh kadang sukanya yang mikir-mikir itu loh complicated, kalau saya ya mamak, komedi dan harus happy ending, kalau nggak happy ending males. Kalau Mas Ganjar ya tipe cowok mungkin yang action-action gitu,” ujar dia.

“Tapi biasanya kalau kita bertiga, ya yang bisa diterima oleh semuanya kalau dulu sering sekali ya, kalau sekarang memang agak-agak berkurang tetapi berusaha tetap ada, misalnya oh ini ada yang bagus cuma kadang untuk luangin waktunya yang agak susah iya,” tambah Atikoh.

3 dari 3 halaman

Menghabiskan Waktu Bersama

Atikoh menyampaikan bahwa dirinya, Alam dan Ganjar akan menghabiskan waktu bersama ketika memiliki waktu luang.

Tak hanya itu, mereka juga biasanya menghabiskan waktu bersama dengan cara menonton film, makan dan lainnya secara bersama.

“Iya, karena salah satunya ketika kita ada waktu luang itu biasanya quality time-nya nonton film, makan,” ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.