Sukses

Anies Baswedan Awali Kampanye Pilpres 2024 dari Kampung Tanah Merah Koja Jakut

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan cawapresnya Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memulai kampanyenya di tempat terpisah. Anies akan memulai berkampanye di Jakarta, sementara Cak Imin di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut satu, Anies Baswedan bakal mengawali kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dari Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara (Jakut), hari ini, Selasa (28/11/2023).

Diketahui, masa kampanye untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 resmi dimulai pada 28 November 2023. Kick off kampanye Anies di Tanah Merah ini disampaikan oleh Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Muhammad Syaugi Alaydrus.

"Jadi kita sudah mempersiapkan besok yang pertama ada di Jakarta kick off-nya ada di Tanah Merah besok," kata Syaugi di depan Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Menurut Syaugi, usai dari Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara Anies akan lanjut berkampanye ke Bogor, Jawa Barat hingga menuju Bandung.

Sementara itu cawapres Muhaimin Iskandar (Cak Imin) akan memulai kampanye di Jawa Timur. "Kalau cawapres ke Jatim," ujar Syaugi.

Berdasrkan informasi yang diterima Liputan6.com, sebelum memulai kick off kampanye di Tanah Merah, Anies lebih dulu memulai kegiatan dengan pamit dan sungkeman di kediamannya Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Siang harinya, Anies bakal menghadiri agenda di GOR Ciracas, Kramat Jati Jakarta Timur. Setelah itu, pada pukul 14.00 - 15.30 WIB, Anies melanjutkan perjalanannya ke Bogor, Jawa Barat.

Di Bogor, dia bakal menyapa warga yang tinggal di Jembatan Merah. Usai acara di Bogor, Anies akan kembali ke Jakarta untuk menghadiri acara diskusi di kawasan Jakarta Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Anies Kampanye Terpisah dengan Cak Imin

Sebelumnya, Capres nomor urut 1, Anies Baswedan mengatakan, dalam kampanye Pemilu 2024 perdana pada Selasa 28 November 2023 tak berbarengan dengan pasangannya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Adapun Anies Baswedan akan memulai kampanye Pemilu di Jakarta dan Cak imin di Jawa Timur. Disebut ini untuk menjangkau masyarakat lebih luas.

“Kan kita supaya lebih banyak yang bisa kita jangkau, nanti mulai hari-hari ke depan. Cak Imin jalan menjangkau banyak masyarakat, saya juga menjangkau masyarakat. Kalau semuanya bareng, nanti yang bisa terjangkau sedikit,” kata Anies di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Dia pun mengungkapkan, akan menggaungkan perubahan dari pelbagai sisi antara lain keadilan dan kemakmuran rakyat Indonesia.

"Sudah lama dari dulu kita kampanye, satu pesan utama, melahirkan keadilan. Visinya Indonesia adil makmur untuk semua," ungkap Anies.

Sementara itu, Cak Imin menambahkan, salah satunya perubahan adalah terkait pemenuhan kebutuhan pokok.

 

3 dari 4 halaman

Cak Imin Tak Ingin Masyarakat Terlalu Sering Makan Mie Instan

Cak Imin ingin rakyat Indonesia bisa menikmati makan-makanan sehat dan bergizi sepanjang hari.

"Perubahan, perubahan nasib rakyat, perubahan dari yang di akhir bulan makan mi instan menjadi setiap bulan penuh makan sehat," ujar dia.   

Tak dipungkiri, banyak masyarakat yang menghemat uang makan saat akhir bulan. Sehingga, mereka memilih mie instan untuk menghilangkan rasa lapar.

"Begini, kalau satu bulan gaji biasanya di akhir bulan rata-rata makannya mie instan, perubahan artinya tidak lagi makan mie instan, satu bulan penuh makanan berigizi," ujar dia.

Cak Imin tak mau lagi masyarakat Indonesia terlalu sering makan mie instan.

Dia kemudian mengait-ngatikan dengan sosok kepimpinan.

"Kalau semua masyarakat rakyat kita makan mie instan, akan lahir pemimpin pemimpim instan," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Dapat Dukungan Anak Muda

Pasangan calon presiden dan wakil presiden Koalis Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) kembali mendapatkan dukungan dari anak muda. Kali ini dari Gerakan Anak Muda Satu Nusa Satu Suara (Nusantara).

Deklarasi dilakukan di Pendopo Anies Baswedan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (26/11/2023) malam.

"Mereka sama-sama muda, sama-sama peduli dengan masa depan. Dan ketika mereka memilih untuk terlibat saya menyampaikan rasa hormat, terima kasih karena menjadi anak muda yang tidak diam menyaksikan proses politik," ujar Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menyambut baik dukungan tersebut. Anies berharap Gerakan Nusantara yang baru saja mendukungnya bisa ikut menjadi corong baginya dalam menyampaikan visi dan misi Koalisi Perubahan kepada para anak muda di Indonesia.

"Mari kita kerja sama-sama jangkau semua, jangkau anak-anak muda, sampaikan tentang gagasan perubahan, sampaikan tentang gagasan untuk menghadirkan keadilan agar lapangan pekerjaan lebih banyak, agar kebutuhan pokok menjadi lebih terjangkau, agar pengelolaan kesehatan menjadi lebih mudah, dan agar pendidikan kita menjadi lebih terjangkau," kata Anies.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini