Sukses

Relawan Jokowi Bara JP Resmi Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, Sebut Tak Ada Politik Dinasti

Relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tergabung dalam Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden serta calon wakil presiden (capres-cawapres).

Liputan6.com, Jakarta Relawan pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tergabung dalam Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden serta calon wakil presiden (capres-cawapres).

Hal ini disampaikan Ketua Umum Bara JP Utje Gustaaf Patty usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (24/10/2023). Utje menegaskan bahwa dukungan terhadap Prabowo-Gibran sudah lama diputuskan sebelum pertemuan dengan Jokowi.

"Bara JP (dukung) Prabowo-Gibran. Itu keputusan rapat. Sebelum ke sini (Istana), kami sudah putuskan kok tadi malam," jelas Utje kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Utje menegaskan tidak ada arahan dari Jokowi terkait pilihan politik Bara JP kepada salah satu pasangan capres-cawapres. Utje menyebut pertemuan dengan Jokowi pada Selasa malam ini juga tak membahas soal dukungan Bara JP ke Prabowo-Gibran.

"Ada (bahas politik). Jadi bagaimana supaya pemilu berjalan secara martabat, bagaimana pemilu berlangsung, kan di-reset-nya banyak relawan Pak Jokowi di kiri dan kanan, ini mestinya bisa bermatabat," ujar Utje.

Selain itu, pertemuan Bara JP dengan Jokowi juga membahas soal perkembangan jalan rusak di Pulau Sumatera. Pasalnya, Jokowi akan melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Sumatera Barat dan Sumatera Selatan pada 25-26 Oktober 2023.

"Cuma lapor mengenai jalan rusak, karena Bapak mau berkunjung ke Sumatera. Jadi ke Sumsel, Sumbar, dan Lampung itu mengenai proses jalan-jalan rusak yang Inpres itu. Itu aja yang kami laporkan perkembangnnya," tutur Utje.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebagai Relawan Jokowi, Bara JP Sadar Siapa yang Harus Didukung

Di sisi lain, kata dia, Jokowi ingin pemilu 2024 berlangsung dengan adil. Utje menuturkan, sebagai relawan Jokowi, Bara JP menyadari siapa sosok capres-cawapres yang harus didukung.

"Walaupun Bapak bilang tidak, Bapak bilang ini pemilu harus berlangsung adil, sebagai relawan Jokowi, kami tahu ke mana kami harus berpihak," ucap Utje.

Kendati tak mengawal Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU pada Rabu, 25 Oktober 2023, Bara JP siap memenangkan keduanya di pilpres 2024. Namun, Utje mempersilakan relawan Bara JP yang ingin ikut mengawal Prabowo-Gibran mendaftar ke KPU.

"Kami juga merasa itu tidak harus kami antar, tidak juga harus kami tidak antar. Untuk teman-teman yang punya waktu, ya teman-teman kawal," pungkas Utje.

Dalam kesempatan ini, dia menilai Jokowi tidak melakukan dinasti politik usai putra sulungnya menjadi cawapres Prabowo. Sebab, saat ini masyarakat yang menentukan siapa pemimpin berikutnya.

"Di negara demokrasi, mana ada dinasti politik? Kecuali kalau ditunjuk. Kalau dipilih, rakyat yang menentukan. Apakah mereka senang atau tidak dengan tampilnya sosok muda seperti Gibran. Ingat hampir 54 persen pemilih adalah pemilih di bawah 40 tahun," jelas Utje.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.