Sukses

Musim Kemarau, Relawan Ganjar Salurkan Bantuan Air Bersih bagi Warga Jabar

Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Ganjar sekaligus Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Andi Gani Nena Wea mengatakan, air bersih ini diberikan untuk membantu masyarakat yang kesusahan akibat kemarau panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Kemarau berkepanjangan telah membuat sejumlah wilayah di Indonesia mengalami kekeringan. Salah satunya di Jawa Barat (Jabar). Merespons hal itu, Relawan Buruh Sahabat Ganjar terjun langsung menyalurkan bantuan air bersih untuk warga di Kampung Babakan Kamuliaan dan Kampung Pamuncatan, Desa Ciburuy, Padalarang Bandung Barat.

Ketua Umum Relawan Buruh Sahabat Ganjar Pranowo sekaligus Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden, Andi Gani Nena Wea mengatakan, air bersih ini diberikan untuk membantu masyarakat yang kesusahan akibat kemarau panjang.

"Harapanya bantuan yang diberikan bisa dimanfaatkan dan sedikit meringankan beban masyarakat," kata Andi Gani melalui siaran pers diterima, Senin (23/10/2023).

Sementara itu, Ketua Relawan Buruh Sahabat Ganjar Provinsi Jabar Kiki Permana Saputra menuturkan, penyaluran bantuan air bersih ini dilakukan secara spontanitas ketika ada masyarakat yang menyampaikan keluhannya kepada pengurus Relawan Buruh Sahabat Ganjar. Menurut Kiki, warga kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih untuk minum, masak, mencuci pakaian, dan mandi.

"Sesuai pesan dari Pak Ganjar Pranowo saat datang ke kediaman buruh di Desa Gadobangkong Bandung Barat belum lama ini, kita wajib membantu yang kesusahan dan bermanfaat untuk orang lain," jelas Kiki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Penyaluran Air Bersih Bakal Dilanjutkan

Kiki memastikan, bantuan penyaluran air bersih akan dilanjutkan ke 4 daerah lainnya seperti ke Babakan Pari Batujajar, Gudang Cikalong, Cilame Ngamprah, dan Cipangeran Sagulin.

Tak hanya itu, kata Kiki, Relawan Buruh Sahabat Ganjar juga akan memberikan bantuan sumur artesis untuk 2 titik di Jabar.

"Ini menjadi bentuk nyata bahwasanya Ganjar peduli terhadap masyarakat yang terdampak kemarau panjang. Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih banyak lagi dan merata diseluruh Indonesia," kata dia.

Selain air bersih, Relawan Buruh Sahabat Ganjar akan Memberikan bantuan lampu penerangan jalan untuk masyarakat yang wilayahnya belum tersentuh atau masih gelap gulita seperti di Batujajar Bandung Barat, Panjalu Ciamis, Samarang Garut, Cikatomas Tasikmalaya, Jampang Sukabumi, dan Cikalong Kulon Cianjur

3 dari 3 halaman

Warga Syukuri Bantuan

Ahmad, salah seorang warga Kampung Babakan Kamuliaan mengucapkan terima kasih kepada Relawan Buruh Sahabat Ganjar yang telah hadir memberikan perhatian dan kepeduliannya kepada warga terkait kebutuhan air bersih.

"Alhamdulillah ini sangat membantu untuk warga, untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau ini," syukur Ahmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.