Sukses

Gibran Temui Yusril Usai Diusung Golkar Jadi Cawapres Prabowo

Putra sulung Prasiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menemui sejumlah ketua umum Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Liputan6.com, Jakarta - Putra sulung Prasiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menemui sejumlah ketua umum Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Selain Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Gibran juga menemui Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Gibran menemui Yusril di kediamannya, kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2023).

"Pembicaraannya silaturahim saja. Kami ucapkan selamat kepada beliau yang telah dipilih oleh, akan disahkan oleh Koalisi Indonesia Maju, dan sebentar lagi akan dideklarasikan," ujar Yusril ketika dihubungi, Sabtu (21/10/2023).

Dengan pertemuan ini, PBB menegaskan mendukung penuh Gibran sebagai calon wakil presiden. Karena PBB sudah punya komitmen mendukung siapapun yang akan mendampingi Bakal Capres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto.

"Saya sampaikan sesuai dengan komitmen dari PBB sejak awal bahwa siapapun calon wakil presiden yang dipilih oleh Pak Prabowo itu akan disepakati oleh PBB," jelas Yusril.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siap Bantu Gibran

Yusril akan membantu Gibran terkait masalah hukum selama proses pendaftaran, kampanye, sampai terpilih.

"Dan kami mengatakan bahwa saya akan membantu hal-hal terkait dengan masalah-masalah hukum selama baik pada masa pendaftaran ini maupun pada masa kampanye nanti, maupun nanti sekiranya terpilih sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presidennya Pak Prabowo," ucapnya

"Saya bersedia membantu beliau mengenai aspek-aspek hukum politik yang barangkali saya punya pengetahuan dan pengalaman soal itu," Yusril menandasi.

3 dari 3 halaman

Golkar Usung Gibran Jadi Cawapres Prabowo

Sebelumnya, Partai Golkar resmi mengusulkan dan mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo Subianto.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas ini juga dihadiri oleh bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto

"Mengusulkan saya tanya dulu, mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangkan dengan Pak Prabowo sebagai bacawapres RI," kata Airlangga di depan para DPD RI Partai Golkar se-Indonesia dan petinggi Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Airlangga memastikan bahwa semua DPD RI Partai Golkar se-Indonesia, petinggi dan kader Partai Golkar setuju dengan keputusan tersebut. Dia menuturkan keputusan mendukung sosok dibawah usia 40 tahun kebawah sebagai bacawapres.

"Apakah setuju? SETUJU. Aceh setuju? Papua setuju? Sulawesi setuju? NTT setuju? Jabar setuju? Banten? Jateng? Jatim? Bali, NTT NTB Kalimantan? Pak Prabowo, semua setuju," jelasnya.

"Ada satu yang harus kami tanya juga, under 40? Setuju!," sambung Airlangga.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.