Sukses

Prabowo Minta Ketum dan Sekjen yang Tergabung di KIM Tidak Jauh dari Jakarta

Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) melakukan pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Jumat malam 13 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) melakukan pertemuan di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Jumat malam 13 Oktober 2023.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, dalam pertemuan itu Prabowo meminta partai ketua umum dan sekjen partai koalisi agar tidak jauh dari Jakarta.

"Pak Prabowo tadi agar ketua umum dan sekjen partai koalisi dalam Minggu ini tidak terlalu jauh dari Jakarta," kata Muzani kepada wartawan di lokasi.

Apa yang diminta oleh Prabowo ini agar sewaktu-waktu bisa berkumpul jika ada sesuatu yang mendesak. "Karena kapan-kapan Kita bisa bertemu dalam situasi dan kondisi mendadak, sehingga beliau ingin mendapatkan update atau sampaikan update," ujar Muzani.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengatakan, pertemuan membahas perkembangan politik terakhir serta capres-cawapres. Untuk pendaftaran capres-cawapres diketahui akan dibuka pada 19-25 Oktober 2023.

"Tadi semua ketua partai menyampaikan pandangan-pandangannya, dan terjadi suatu kesepakatan secara garis besar terutama menyangkut arah perjuangan, kemudian garis besar program yang diperjuangkan bahwa kita dengan menamakan diri kita Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo kepada wartawan, Jumat (13/10).

"Kita tidak malu-malu, kita terang-terangan mengatakan bahwa kita berkomitmen, bertekad untuk melanjutkan arah pembangunan yang dirintis oleh pendahulu-pendahulu kita, terutama pondasi yang solid yang dibangun oleh Presiden Joko Widodo," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cawapres Prabowo Mengerucut pada 4 Nama

Mereka juga membahas terkait Cawapres yang akan maju. Saat itu, Prabowo menyebut, sudah mengerucut menjadi empat nama.

Namun, ia tak menyebutkan siapa saja empat orang yang dimaksudnya itu. Prabowo hanya memberikan clue provinsi saja.

"4 nama yang bisa sampaikan adalah satu calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, satu calon dari Jawa Timur," ujarnya.

"Dan kita sudah sepakat dalam beberapa hari ini kita akan kumpul lagi secara intensif setelah masing-masing partai berembuk dan kita juga tugaskan jaringan kita dan mesin partai masing-masing untuk mengecek ke akar rumput kita," sambungnya.

Prabowo pun mengaku akan mengumpulkan lagi partai politik yang tergabung dalam KIM untuk menentukan siapa yang akan mendampingi dirinya pada 14 Febuari 2024 mendatang.

"Dan kita akan kumpul dan beberapa hari lagi untuk memutuskan yang terakhir dari 4 menjadi 1. Saya kira itu yang bisa saya sampaikan, mungkin ada ketua umum yang lain akan menambahkan," pungkasnya

 

 

3 dari 4 halaman

Prabowo Jawab Isu Pertemuannya dengan Gibran dan Jokowi di Istana

Rumor bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto bertemu dengan Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Istana santer terdengar. Presiden Jokowi juga disebut-sebut turut hadir dalam pertemuan itu.

Prabowo Subianto tidak menepis ataupun membenarkan kabar itu. "Intel anda hebat sekali. Saya tidak berhak untuk mengonfirmasi atau untuk... Ya pokoknya nanti pada saatnya kalau ada statement resmi dari mana, ya silakan anda ambil kesimpulan sendiri," kata Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat malam (13/10/2023).

Nama Gibran Rakabuming Raka belakangan digadang-gadang masuk dalam bursa cawapres Prabowo Subianto. Namun, Prabowo belum berkomentar lebih jauh mengenai hal ini. Ketua Umum Partai Gerindra itu beralasan bahwa penentuan cawapres tidak bisa diputuskan secara sepihak.

"Ya itu bisa juga dispekulasi seperti itu. Tapi kita tadi baru sepakat untuk kriteria seperti itu dan kita akan finalkan dalam beberapa hari yang akan datang," ujar Prabowo.

Prabowo sendiri baru saja menggelar pertemuan dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM). Salah satu yang dibicarakan yaitu mengenai sosok cawapres yang akan bersanding dengannya di pilpres 2024.

4 dari 4 halaman

Prabowo Siap Hadiri Rakernas Projo Sabtu 14 Oktober 2023

Sementara itu, Prabowo Subianto bersama pimpinan Koalisi Indonesia Maju (KIM) siap memenuhi undangan Relawan Pro Jokowi (Projo) untuk hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Projo pada Sabtu (14/10/2023).

"Benar saya diundang sore hari, mungkin ada beberapa tokoh yang diundang juga. Kalau diundang harus datang dong, tidak baik kalau diundang tidak datang," ujar Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jaksel pada Jumat (13/10/2023) malam.

Prabowo mengaku belum mengetahui secara detail rangkaian acaranya. Begitu pun saat disinggung mengenai rencana deklarasi dukungan Projo dalam rakernas tersebut.

"Ya saya tidak tahu besok. Kita undangan," ujar Prabowo.

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Relawan Pro Jokowi (Projo) pada Sabtu (14/10/2023) akan mengumumkan dukungan resmi untuk bakal calon presiden (capres) 2024.

Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menyatakan, deklarasi capres-cawapres akan dilakukan usai pembukaan dan pidato oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia meminta awak media bersabar terkait siapa yang akan Projo dukung di pilpres 2024.

"Tanpa mendahului teman-teman, kita tunggu besok. Jam 16.00 WIB setelah pembukaan rakernas, peresmian rakernas, kita tunggu," kata Budi Arie di Kompleks Istana, Jumat (13/10/2023).

Rencananya, lanjut Budi, Jokowi akan berpidato sekitar pukul 14.00 WIB. Selain Jokowi, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, hingga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dipastikan hadir.

"Besok Presiden jam 14.00 WIB, (Prabowo) hadir, (Gibran) datang," kata Budi.

Selain Prabowo, Budi juga mengundang seluruh para ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Kita undang semuanya," ucap dia.

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini