Sukses

NasDem: Kaesang Jadi Ketum, PSI Ambil Jalan Pintas Lolos ke Senayan

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sedang disorot setelah mengangkat putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi ketua umum.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sedang disorot setelah mengangkat putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi ketua umum.

Ketua DPP NasDem Effendi Choirie mengungkit pernyataan Sekjen PSI Raja Juli Antoni yang pernah menolak politik dinasti. Menurut politikus yang akrab disapa Gus Choi ini, PSI kini melenceng dari apa yang dikritiknya.

"Bahwa sekarang partainya menerapkan hal yang dikritiknya, itu namanya statement yang berdasarkan kebenaran alternatif, alias omdo (omong doang)," katanya kepada wartawan, Selasa (26/9).

Gus Choi memandang dengan terjunnya Kaesang menjadi ketua umum partai politik, Presiden Joko Widodo telah melanggengkan politik dinasti.

"Kurang etis, tapi ini problem bangsa kita. Kita kurang mempertimbangkan etik. Negara jangan hanya lihat ketentuan formal, tapi juga etika," ujarnya.

Di sisi lain, PSI menunjukkan kelemahannya yang nyata tidak punya figur yang layak untuk lolos ke Senayan.

"Sisi PSI juga menunjukkan kelemahannya yang nyata bahwa PSI tidak punya figur yang layak jual untuk meloloskan ke Senayan," kata Gus Choi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ambil Jalan Pintas

PSI dianggap mengambil jalan pintas dengan menampilkan putra presiden menjadi ketua umum. Gus Choi memandang PSI tengah memainkan strategi agar bisa lolos Pileg 2024.

"PSI mencari jalan pintas dengan cara menampilkan anak presiden sebagai ketum, meskipun baru dua hari jadi anggota PSI. Ini jelas sebuah ikhtiar supaya PSI bisa lolos ke Senayan. Kesempatan dalam kesempitan," katanya.

Sumber: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.