Sukses

Relawan Prabowo 2019 Banten Kini Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Mereka memutuskan mencabut dukungan dengan pertimbangan sudah cukup pengorbanan dalam berjuang dengan Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Prabowo Subianto di Banten pada Pemilu 2019 mencabut dukungannya. Relawan yang berasal dari Pendekar Silat dan Kiai Kiai Kampung dari kabupaten Pandeglang, Lebak, Cilegon, Tangerang, Serang, Banten, kini mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Relawan ini merupakan kekuatan penggerak utama kemenangan Prabowo pada Pemilu 2019. Mereka memutuskan mencabut dukungan dengan pertimbangan sudah cukup pengorbanan dalam berjuang dengan Prabowo.

"Kami ingin ada regenerasi kepemimpinan nasional, yang lebih nyata bisa membantu menyelesaikan Pengangguran dan kemiskinan di kampung-kampung desa pelosok Banten," Pengasuh Ponpes Halim Al Ittihad Kronjo, Tangerang KH. Saefudin atau KH. Aep dalam keterangannya, Jumat (15/9/2023).

Dukungan untuk Ganjar ini dimotori sejumlah tokoh agama di Banten. Mereka adalah Pemilik Ponpes Bani Saleh K.H. Aep, Pembina Majelis Taklim Ibtida Ustad Ade Yunani, Ketua Pengasuh Alumni Ponpes Bani Saleh Ustad H Yahudin Saeprudin dan Pengasuh Ponpes Bani Saleh Ustad Nasrudin.

Keempatnya, merupakan mantan relawan PS19 pada Pemilu 2019. ”Relawan PS19 di Banten tidak hanya pengasuh ponpes, tapi juga alumni ponpes di Balaraja, Serang, Cisoka, dan Cikande,” kata K.H. Aep.

Adapun tokoh Muda, Usdan Nasrudin mengungkapkan Banten memiliki potensi kelautan, wisata pantai, 14 Kawasan industri, Budaya, Namun demikian persoalan SDM hingga kemiskinan dan pengangguran warga masih belum teratasi dengan baik.

Menurutnya, Ganjar dianggap memiliki kepedulian dan perhatian besar terhadap perkembangan pesantren di Indonesia. Dia mudah diterima berbagai kalangan dan mumpuni untuk meneruskan pembangunan di Indonesia.

”Latar belakang Ganjar yang sukses menjadi Gubernur Jawa Tengah menjadi modal yang penting untuk maju menjadi presiden,” kata Usdan Nasrudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ragam Latar Belakang

Tak hanya tokoh agama, relawan PS 19 di Banten memiliki beragam latar belakang, seperti milenial dan jawara Banten. Mereka siap mensukseskan Ganjar memperebutkan suara dari lebih 8 juta pemilih di Banten yang telah ditetapkan KPU Banten.

Berdasar data yang dilansir dari situs resmi KPU Banten, jumlah DPT pada Pemilu 2024 sebanyak 8.842.646 pemilih. Itu terdiri dari 4.460.176 laki-laki dan 4.382.470 perempuan. Jumlah tersebut tersebar di 33.324 TPS.

Sebagaimana diketahui, relawan GP19 telah sukses membuat perolehan suara Prabowo Subianto unggul pada pemilu presiden 2019. Mereka meraup 4.059.514 suara. Sedangkan Jokowi-Ma’ruf hanya memperoleh 2.537.524 suara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.