Sukses

Anies Baswedan-Cak Imin Akan Deklarasi di Hotel Majapahit Surabaya, Ini Alasannya

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar deklarasi dukungan bacapres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin siang ini di Surabaya, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan deklarasi di Hotel Majapahit, Surabaya pada Sabtu, 2 September 2023.

Seperti diketahui, Hotel yang dulunya bernama Hotel Yamato ini menjadi ikon sejarah penting di kota pahlawan.

Menurut Jubir Anies, Marco Kusumawijaya Kota Surabaya dan Hotel Majapahit dipilih sebagai lokasi deklarasi karena sarat akan sejarah panjang perjuangan bangsa.

“Itu (deklarasi Anies-Cak Imin) sudah pas di Surabaya yang kaya akan sejarah perjuangan dalam perjalanan bangsa Indonesia,” ucap Marco, kepada wartawan, Sabtu (2/9/2023).

“Apalagi Hotel Majapahit ini kan dulu tempat insiden perobekan bendera Belanda menjadi bendera Merah Putih Indonesia, berkat keberanian arek-arek Suroboyo,” sambungnya.

Hotel Majapahit telah berdiri sejak 1 Juni 1910 di Jalan Tunjungan 65 Surabaya dan dibuka secara resmi tahun 1912. Peristiwa bersejarah terkait Hotel Majapahit yaitu peristiwa penyobekan bendera yang terjadi pada tanggal 19 September 1945.

Pada hari itu bendera warna biru pada bendera Kerajaan Belanda (Merah Putih Biru) di tiang bendera yang terdapat pada menara di sudut barat laut Hotel Yamato, dirobek oleh beberapa pemuda Surabaya, maka menyisakan warna merah dan putih yang merupakan bendera Republik Indonesia.

Marco berharap, pemilihan Surabaya dan Hotel Majapahit sebagai lokasi deklarasi akan membawa semangat dan pesan kepada semua terkait tujuan berdirinya negara Indonesia, seperti yang kerap disampaikan oleh Anies Baswedan.

“Pak Anies sering mengatakan bahwa tujuan berdirinya republik ini bukan sekedar menggulung kolonialisme,tetapi juga menggelar keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelasnya.

“Harapannya ini (menggelar keadilan dan kesejahteraan) bisa kita pegang dan ikhtiarkan bersama-sama di bawah kepemimpinan Anies-Cak Imin ke depan,” imbuh dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKB Deklarasi Anies-Cak Imin Siang Ini, Dihadiri PKS dan Nasdem

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar deklarasi dukungan bacapres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin siang ini di Surabaya, Jawa Timur. Rombongan partai pun hadir mulai dari Nasdem hingga PKS.

Politisi PKB Abdul Rokhim atau Cak Rokhim membenarkan sejumlah rombongan partai telah tiba di Surabaya pagi ini.

“Ini baru landing di Bandara Juanda. Ini tadi bersama Pak Surya Paloh dari Nasdem, Pak Jazilul Fawaid dari PKB, dan juga PKS. Oh hadir (PKS), tadi bersama rombongannya,” tutur Cak Rokhim di Live YouTube Trijaya FM, Sabtu (2/9/2023).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhammad Hasanuddin Wahid mengumumkan hasil rapat finalisasi tawaran Partai Nasdem yang menggandengan bakal capres Anies Baswedan dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Hasilnya kami menerima pasangan calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden Muhaimin Iskandar," ujar Muhammad Hasanuddin Wahid di Graha Gus Dur DPW PKB Jatim di Surabaya, Jumat (1/9/2023).

Selanjutnya, kata Hasan, berdasarkan rekomendasi dari para kiai menyampaikan bahwa Bismillah, Budal Gus. "Artinya Berangkat Gus, berangkat maju jadi cawapres," ucap dia.

Hasan menyebut, untuk langkah selanjutnya seperti deklarasi dan sebagainya akan diupdate atau disampaikan perkembangannya di kemudian hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini