Sukses

PKB: Rapat Pleno Pembahasan Duet Anies-Cak Imin Berjalan Alot

Meski alot, Gus Jazil memastikan hasil rapat pleno hari ini akan dibawa ke Jawa Timur untuk melakukan finalisasi kerja sama atas tawaran NasDem terhadap PKB dan Cak Imin.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat pleno Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang membahas tawaran Partai Nasdem untuk menduetkan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berlangsung alot. 

“Itu alot tadi pembahasannya (duet Anies-Cak Imin), tapi forum menyambut baik tawaran dari NasDem. Kita menyambut baik tawaran kerjasama,” ujar Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid usai rapat pleno di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (1/9/2023).

Meski alot, Gus Jazil memastikan hasil rapat pleno hari ini akan dibawa ke Jawa Timur untuk melakukan finalisasi kerja sama atas tawaran NasDem terhadap PKB dan Cak Imin.

“Jadi hasil hari ini akan dibawa ke Surabaya hari ini, jam 3 sore rapatnya,” jelas dia.

Gus Jazil menjelaskan, rapat PKB di Surabaya akan melibatkan para kiai.

“Jadi nanti kita konsultasi dengan kiai juga nanti akan difinalkan hasilnya di Surabaya,” Gus Jazil menandasi.

Sementara Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanulhaq memberi kode, partainya akan bekerja lebih keras dalam minggu ini. Menurut Maman, hal ini disebabkan rapat pleno hari ini yang mengumpulkan seluruh elite di kantor DPP PKB bersama jajaran dewan syuro.

"Minggu-minggu ini kayaknya semua harus bekerja keras,” sebut Maman di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2023).

Maman menjelaskan, usai rapat pleno hari ini, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar akan mengumumkan keputusan atau hasil dari rapat tersebut. Nantinya apa yang diumumkan tersebut akan diberi pertimbangan oleh jajaran dewan syuro PKB.

"Biasanya habis rapat nanti diumumkan oleh Ketum, bahwa ini loh saya melaporkan ini ke partai lalu dewan syuro memberikan pertimbangan ini lalu memberikan keputusan,” jelas Maman.

Dia juga menambahkan, jika keputusan sudah bulat maka nantinya dilangsungkan momentum deklarasi dalam skala yang lebih besar. 

"Setelah itu lalu kita akan membawa ini ke forum yang lebih besarnya apakah mungkin ada deklarasi dan yg lain sebagainya,” jelas Maman.

Maman memastikan, PKB sudah sangat siap untuk bersafari untuk memperkenalkan lebih jauh kepada khalayak sosok Muhaimin Iskandar 

"Jujur saja kita sudah pengin bgt keliling dengan satu tujuan bahwa ada nama Gus Muhaimin di (kartu) kita,” dia menandasi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demokrat Klaim Anies Sepakat Berduet Dengan Cak Imin

Partai Demokrat menyatakan mendapat informasi bahwa bakal capres Anies Baswedan akan menggandeng Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Pilpres 2024.

Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya, menyebut kebenaran informasi itu didapatkan langsung dari tim Anies Baswedan, Sudirman Said.

Bahkan, mereka telah menyetujui kerja sama politik Nasdem dan PKB. Menurut Harsya, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh mengambil keputusan sepihak.

"Kemarin, 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said, mewakili Capres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB, untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Persetujuan in dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum Nasdem, Surya Paloh," kata Riefky dalam keterangannya, Kamis (31/8/2023).

Riefky menyebut Demokrat juga telah mengkonfirmasi kabar tersebut kepada Anies. 

"Hari ini, kami melakukan konfirmasi berita tersebut kepada Anies Baswedan. la mengonfirmasi bahwa berita tersebut adalah benar. Demokrat "dipaksa" menerima keputusan itu (fait accompli)," ujar Riefky.

Saat ini, Demokrat akan segera menggelar rapat Majelis Tinggi untuk mengambil keputusan selanjutnya terkait nasib Koalisi Perubahan

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini