Sukses

KPU Coret Aldi Taher Jadi Bacaleg DPRD DKI Jakarta dari PBB

Aldi Taher mendaftar sebagai bacaleg DPRD DKI Jakarta melalui PBB dan juga maju untuk DPR dengan Partai Perindo.

Liputan6.com, Jakarta KPU DKI Jakarta resmi mencoret Aldi Taher dari daftar bakal calon legislatif (bacaleg) untuk DPRD DKI Jakarta yang diajukan oleh PBB. Aldi Taher mendaftar sebagai bacaleg DPRD DKI Jakarta melalui PBB dan juga maju untuk DPR dengan Partai Perindo.

"Ketika ada kegandaan pencalonan, ini partai harus klarifikasi ke yang bersangkutan, jadinya milih maju dari partai mana dan dapil mana. Ternyata, di PBB tidak ada surat pernyataan tersebut. yang ada di partai Perindo di DPR RI," kata Dody ketika dikonfirmasi, Senin (7/8/2023).

Dia menjelaskan, PBB bisa mengganti pencalonan Aldi Taher dengan kader yang lain.

Kini, tahapan pemilu sudah masuk masa pencermatan daftar calon sementara (DCS), hingga 11 Agustus 2023 nanti. Pada tahap ini, KPU memberikan kesempatan bagi partai-partai politik untuk memperbaiki berkas pencalonan bacalegnya.

"Jadi, di PBB sebagai bakal calon DPRD DKI Jakarta statusnya menjadi tidak memenuhi syarat. Nah, apakah nanti diajukan calon pengganti oleh PBB, itu kita serahkan kepada partai yang bersangkutan," ujar Dody.

"Harusnya sih diganti dengan calon baru, ya, kalau memang mau memasukkan bacalon yang baru, karena statusnya (Aldi Taher) sudah tidak memenuhi syarat di DKI Jakarta," lanjut dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta meminta bakal calon legislatif (bacaleg) dari Partai Bulan Bintang (PBB), Aldi Taher, untuk memilih antara mendaftar sebagai anggota DPRD atau DPR RI pada Pemilu 2024.

"Kami minta partai yang mengusulkan itu untuk mengklarifikasi dan nanti yang bersangkutan harus memilih di partai apa? Karena tidak boleh terdaftar di dua parpol," kata Komisioner KPU Bidang Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Nurdin, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (19/5/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungi Aldi Taher

Penegasan itu terkait dengan adanya kabar bahwa Aldi Taher juga mendaftarkan diri sebagai calon DPR RI bersama Partai Perindo.

Pihaknya akan menghubungi Aldi setelah proses verifikasi berkas selesai pada 23 Juni 2023.

KPU juga belum bisa memastikan siapa lagi bacaleg di KPU DKI yang kedapatan mendaftar diri ke DPR RI melalui partai yang berbeda.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini