Sukses

Erick Thohir Dinilai Cawapres Paling Kompeten Lanjutkan Kepemimpinan Pro Rakyat Jokowi

Erick Thohir tercatat telah banyak menuntaskan berbagai keberhasilan dari penugasan khusus yang diberikan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai menjadi figur yang tepat untuk dapat meneruskan program kebijakan pro rakyat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Posisi Erick Thohir sebagai menteri tentu menjadi faktor kuat untuk melanjutkan kesuksesan kepemimpinan Jokowi.

Peneliti Utama Political Weather Station (PWS), Sharazani mengatakan, Erick Thohir telah membuktikan kinerjanya selama memimpin Kementerian BUMN dalam kabinet Pemerintahan Jokowi. Bahkan sejumlah tugas khusus yang diberikan Jokowi berhasil dituntaskan Erick Thohir dengan hasil maksimal.

“Erick Thohir adalah salah satu Menteri yang kelihatannya paling dekat dan memahami program-program Jokowi,” kata Sharazani, Jumat (4/8/2023).

Erick Thohir tercatat telah banyak menuntaskan berbagai keberhasilan dari penugasan khusus yang diberikan Jokowi. Mulai dari mentransformasi Kementerian BUMN, menjadi ketua penanganan Pandemi Covid 19, hingga penyelamatan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA.

Erick Thohir juga berhasil membongkar sarang korupsi di BUMN seperti di Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast dan Pelindo. Berkat jaringan internasionalnya Erick Thohir berhasil menyelamatkan sepak bola Indonesia dari sanksi FIFA akibat batal tragedi Kanjuruhan dan batal menggelar ajang Piala Dunia U-20.

Tidak cukup sampai di situ, lanjut dia, Erick Thohir, berhasil meningkatkan geliat pertumbuhan ekonomi masyarakat kecil di seluruh wilayah Tanah Air. Salah satunya dengan menggalakkan program KUR, Mekaar dan Makmur sampai sekarang ini.

Karena itu, tambah dia, tidak mengherankan hadirnya sejumlah pencapaian Erick Thohir tersebut tentu semakin menjadikannya figur pemimpin kompeten lanjutkan kepemimpinan Jokowi. Khususnya dalam soal memperbaiki kondisi ekonomi bangsa di masa depan.

“Keberhasilan Erick membenahi kementerian BUMN mengindikasikan bahwa Erick mempunyai potensi sangat besar untuk menangani perekonomian Indonesia,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Dinilai Sukses Hadirkan Gebrakan Inovatif

Kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir yang sukses menghadirkan banyak gebrakan inovatif memicu hadirnya gelombang dukungan besar mauj calon wakil presiden (cawapres). Utamanya dari kalangan anak muda untuk Pilpres 2024.

Menurut Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI), Kennedy Muslim, Erick Thohir menunjukkan karakteristik pemimpin yang disukai masyarakat, khususnya anak muda alias milenial. Sehingga tidak mengherankan bila hadir banyak dukungan.

“Memang kita melihat ada peningkatan dan dominasi Pak Erick Thohir di kalangan pemilih muda di Generasi Z dan milenial,” kata Kennedy, Rabu (2/8/2023).

Jika merujuk pada hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) periode 20-24 Juni 2023. Erick Thohir berhasil meraup suara sebesar dari kalangan milenial dan Generasi Z (Gen Z). Rinciannya, sebanyak 30,0 persen dari kalangan anak muda rentang usia kurang dari 26 tahun memilih Eks Presiden Inter Milan ini.

Sementara, 24,7 persen anak muda dari kalangan milenial menjatuhkan pilihan pada Ketua Umum PSSI tersebut. Peningkatan elektabiltias Erick Thohir, dia menambahkan, tentunya tidak terlepas dari kinerja positif yang ditunjukkan Erick Thohir. Terutama selama didapuk menjadi Menteri BUMN Erick hingga ditunjuk menjadi Ketua Umum PSSI.

Capaian demikian berhasil memantik hadirnya perhatian besar dari kalangan milenial. Gebrakan-gebrakan Erick Thohir selam menakhodai PSSI turut mendapat banyak respons positif semua kalangan masyarakat.

“Ini tentu tidak bisa dilepaskan dari jabatannya sebagai Ketum PSSI,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.