Sukses

Relawan Masih Yakin Ganjar Pranowo Raih Elektabilitas Teratas di Pemilu 2024

Berbagai survei memperlihatkan elektabilitas bakal calon presiden di Pemilu 2024 Ganjar Pranowo berada di bawah bacapres dari Gerindra Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta Berbagai survei memperlihatkan elektabilitas bakal calon presiden di Pemilu 2024 Ganjar Pranowo berada di bawah bacapres dari Gerindra Prabowo Subianto.

Terkait hal tersebut, Dewan Penasihat Sahabat Ganjar, Fahlesa Munabari merasa yakin calonnya tetap unggul di Pemilu 2024. Keyakinan ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya dan dirilis Senin 24 Juli 2023 di DPP Sahabat Ganjar, Jakarta.

Survei yang dilakukan pihaknya menggunakan metode proportional random sampling yang dilakukan di awal bulan April 2023 hingga akhir Juni 2023, dengan 1.200 responden yang berada di seluruh Indonesia dengan margin of error 2,9%.

"Dalam survei yang kita lakukan ini, pak Ganjar dalam top of mind capres mendapat angkat yang tinggi yakitu 18,9," klaim Fahlesa dalam keterangannya, Selasa (25/4/2023).

Sementara, pengamat politik Ujang Komaruddin yang hadir dalam rilis tersebut, merasa yakin survei yang dilakukan Sahabat Ganjar obyektif lantaran mirip dari berbagai survei lainnya.

Dia juga menuturkan, dalam survei politik itu memiliki 3 hal yang perlu diperhatikan oleh Sahabat Ganjar supaya bisa meningkatkan data statistik yang masih memiliki kekurangan.

"jadi modal capres itu popularitas, dari kesukaan masyarakat, dan elektabilitas, Dalam survei itu ada 3 hal, dia bisa naik, bisa stag, bisa turun, nah potensi Pak Ganjar untuk bisa naik itu tinggi," kata Ujang.

Dalam beberapa segmen, Ganjar Pranowo masih memerlukan usaha dari banyak elemen untuk meningkatkan angka statistik tersebut.

"ini kalau diborong dengan kerja partai, kerja relawan, dan kerja individu itu ya maka bisa menaikan popularitas dari bapak Ganjar tersebut," kata Ujang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Raih Dukungan Besar Gen Z dan Milenial

 

Berkelas dunia, kepemimpinan calon presiden (Capres) Prabowo Subianto terbukti menarik suara generasi z dan milenial untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Sikap memimpin Prabowo yang kuat menginspirasi generasi muda

Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul menilai, Menteri Pertahanan andalan Presiden Jokowi ini membawa kharisma dan daya pikat yang besar bagi pemilih dari kalangan muda. Selain itu, ketegasan memimpin menjadi sebuah keunggulan untuk menghadapi ketidakpastian yang sering kali ditakutkan oleh kalangan muda.

Prabowo merupakan sosok yang memiliki garis ketegasan dalam memimpin Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan juga Partai Gerindra. Terbukti di bawah arahan ‘tangan dingin’ Prabowo, Kemenhan menjelma menjadi kementerian terbaik di dalam Kabinet Indonesia Maju.

Merujuk pada data yang dirilis survei Indonesia Political Opinion (IPO) periode 5-13 Juni 2023, Kemenhan terbukti mendapatkan penilaian positif dari masyarakat.

Kemenhan berhasil mendapatkan penilaian sebesar 82,1 persen dan ada di peringkat pertama. Menguntit dibelakangnya ada Kementerian BUMN yang dinilai oleh masyarakat sebesar 74,5 persen dan Kemenkopolhukam di peringkat ketiga dengan total penilaian 66,9 persen.

Di sisi lain, ketegasan Prabowo juga terbukti mengalir di setiap derap langkah kader-kader Partai Gerindra. Menjabat sebagai ketua umum partai, Prabowo sukses menjadikan Partai Gerindra sebagai partai yang solid dan jauh dari riak-riak politik menjelang Pilpres 2024.

Selain itu dukungan generasi z dan milenial kepada Prabowo terbukti sangat kencang. Jika dilihat dari survei teranyar yang dikeluarkan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Prabowo berhasil bertengger di urutan pertama bagi para pemilih di generasi z dan milenial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini