Sukses

Puan Maharani Yakin Jokowi Tetap Bersama PDIP pada Pemilu 2024

Puan Maharani menyampaikan, PDIP menjadi partai pengusung Joko Widodo atau Jokowi sejak mencalonkan diri menjadi wali kota, gubernur, hingga presiden.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani meyakini Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mendukung Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. Pernyataan itu disampaikan usai menghadiri Syukuran Hari Lahir (Harlah) ke-25 Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Stadion Manahan Solo, Minggu (23/7/2023).

"Saya meyakini Pak Jokowi tetap akan bersama PDI Perjuangan," kata Puan.

Puan menyampaikan, PDIP menjadi partai pengusung Joko Widodo atau Jokowi sejak mencalonkan diri menjadi wali kota, gubernur, hingga presiden.

"Sekarang dua kali presiden itu diusung dan didukung oleh PDI Perjuangan. Nantinya pada pemilu yang akan datang tetap PDI Perjuangan," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menugaskan tujuh orang sebagai juru kampanye dalam tim pemenangan Bakal Capres PDIP Ganjar Pranowo. Sejumlah nama tersebut hadir dalam Pelatihan Juru Kampanye yang digelar oleh empat partai pendukung yakni PDIP, Hanura, PPP dan Perindo di Inews Tower, Jakarta, Senin 17 Juli 2023.

"Ada tujuh orang yang ditugaskan oleh Presiden Jokowi, tim tujuh agar mencapai tujuan pemenangan Pak Ganjar Pranowo," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di sela acara.

Namun, Hasto tidak membeberkan siapa saja tujuh orang jurkam tersebut. Hasto hanya memastikan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan Ketua Umum KADIN Arsjad Rasyid hadir dan menjadi pembicara.

Andika dan Arsjad, lanjut Hasto, dinilai menjadi sosok yang bisa memahami kekuatan di akar rumput demi pemenangan Ganjar.

"Kalau Pak Andika dan Pak Arsyad ya kami berdiskusi juga dengan beliau, karena diperlukan juga yang sangat memahami karena PDI Perjuangan ini kan punya kekuatan grassroot yang ditambah juga dengan pengalaman yang luas," jelas Hasto.

Perintah Jokowi itu disampaikan pada Rakernas PDIP 22 Juni. Hasto mengaku berkonsultasi dengan Jokowi terkait aspek strategis pemenangan Ganjar. Jokowi menjabarkan strategi besar atau grand strategy pemenangan Ganjar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei Indikator Politik: Mayoritas Pemilih Jokowi Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru tentang dinamika elektoral para tokoh menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Dalam survei terbaru itu, Indikator Politik Indonesia mendapati mayoritas pendukung Presiden Jokowi pada Pilpres 2019 lebih mendukung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024.

Dari hasil survei yang dirilis Minggu (23/7/2023), Ganjar Pranowo mendapatkan suara 49,3 dari para basis massa Jokowi-Ma'ruf Amin. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan suara dukungan terhadap Ganjar Pranowo memang sempat menurun dari basis pemilih Jokowi - Ma'ruf Amin pada April 2023.

Dia menilai itu merupakan efek batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Tetapi saat itu pemilih Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf Amin tidak lari ke yang lain. Ketika akhirnya Ganjar dapat tiket dari PDI-Perjuangan, basis pemilih Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf mulai pulih lagi," kata Burhanuddin melalui channel YouTube Indikator Politik Indonesia, Minggu (23/7/2023).

Sementara itu, pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin memang sebagian mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Namun, jumlahnya tidak begitu signifikan yakni hanya 28,5. Hal itu juga tidak terlepas dari adanya endorsement Presiden Jokowi kepada Prabowo beberapa waktu lalu.

"Nah kalau kita lihat memang ada buktinya, awalnya Pak Prabowo berada di kalangan Pak Jokowi - Kiai Ma'ruf, kan ada 55 persen pemilih Pak Jokowi - Kiai Ma'ruf hasil Pemilu 2019, itu Pak Prabowo konsisten berada di peringkat kedua," kata Burhanuddin.

Survei Indikator juga mencatat ada sebanyak 39,5 persen responden yang meyakini Ganjar Pranowo mampu melanjutkan kinerja Presiden Jokowi jika menang pada Pilpres 2024.

Sementara untuk Prabowo Subianto hanya mendapat dukungan sebanyak 33,2 persen responden. Lalu, Anies Baswedan ada sebanyak 17,4 persen yang yakin akan melanjutkan kinerja pemerintahan Presiden Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas
    Puan Maharani merupakan anak ketiga Megawati atau anak pertama Megawati dari suaminya Taufiq Kiemas

    Puan Maharani

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • PDIP

Video Terkini