Sukses

Elektabilitas Kuat, Erick Thohir Didukung Pemilih dari Pulau Jawa

Surokim mengakui jika dukungan untuk Erick Thohir itu tersebar merata di semua segmen. Ia juga menilai hal itu membuat kans Erick Thohir untuk maju kandidasi Pemilihan Presiden atau Pilpres semakin menguat.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) belakangan ini mendapatkan penilaian yang tinggi dari berbagai lembaga survei. Merujuk pada lembaga survei Indikator Politik Indonesia periode 26-30 Mei 2023 menunjukkan jika elektabilitas menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut sangat kuat.

Ia terekam memiliki elektabilitas tertinggi di antara kandidat cawapres lainnya yakni di angka 15,5 persen. Adapun dukungan itu tersebar di seluruh wilayah Pulau Jawa.

Menurut Peneliti Senior Surabaya Survei Center Surokim Abdussalam jika elektabilitas Erick Thohir saat ini semakin menguat. Terutama untuk di daerah DKI Jakarta, Banten dan juga Jawa Tengah (Jateng)/DIY.

“DKI termasuk pemilih rasional ya paling banyak, dan Banten itu pemilih menengah ke bawah. Jadi saya lihat ini cukup kombinatif ya dukungan Erick Thohir itu,” kata Surokim.

Merujuk pada hasil survei yang dikeluarkan oleh Indikator Politik Indonesia, Ketua Umum (Ketum) PSSI itu unggul di beberapa wilayah besar di Indonesia. Termasuk, Banten DKI Jakarta, dan Jateng/DIY.

Di Banten, Erick Thohir unggul jauh dari para pesaingnya. Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu sukses mengantongi nilai tertinggi dibandingkan kandidat lainnya. Erick Thohir sukses menorehkan angka elektabilitas sebesar 24,0 persen.

Kemudian di DKI Jakarta, lagi-lagi Erick Thohir melesat jauh meninggalkan kandidat lainnya. Di Ibukota, Ketum PSSI tersebut meraup angka elektabilitas 29,8 persen.

Sedangkan di Jawa Barat, Erick Thohir bersaing ketat dengan Ridwan Kamil yang meraup angka sebesar 38,3 persen dan hal serupa juga terjadi di Jawa Timur, dimana Erick Thohir menempel ketat perolehan Menkopolhukam Mahfud MD dengan perolehan nilai 25,2.

Lalu, kejutan terjadi pada calon pemilih di Jateng/DIY. Di wilayah tersebut, Erick Thohir unggul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Erick Thohir mengantongi angka 16,8 sedangkan Ridwan Kamil mendapatkan 14,6.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Erick Thohir Merata

Dari data secara demografi tersebut, Surokim mengakui jika dukungan untuk Erick Thohir itu tersebar merata di semua segmen. Surokim juga menilai jika hal tersebut membuat kans Erick Thohir untuk maju kandidasi Pemilihan Presiden (Pilpres) semakin menguat.

“Artinya, penerimaan terhadap Pak Erick Thohir itu hampir merata di semua segmen dan saya pikir itu juga akan membuat daya saing beliau untuk menjadi cawapres semakin tinggi,” pungkas Surokim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.