Sukses

Hasil Survei Cawapres Moncer, Ridwan Kamil Bakal Tetap Patuhi Keputusan Partai Golkar

Liputan6.com, Jakarta Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali muncul di Indikator Politik Indonesia sebagai salah satu calon wakil presiden (cawapres) yang kuat di Pemilu 2024.

Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, untuk hasil survei cawapres, elektabilitas Ridwan Kamil bersaing dengan beberapa nama lain seperti Erick Thohir dan Sandiaga Uno.

Dia menyampaikan bahwa elektabilitas Ridwan Kamil dan Erick Thohir sama kuat. Dalam simulasi 22 nama cawapres, elektabilitas keduanya berada pada angka 14,8 persen. Di bawah mereka berdua ada nama Sandiaga Uno dengan elektabilitas 12 persen dan Mohammad Mahfud MD dengan elektabilitas 11,8 persen.

“Erick Thohir dan Ridwan Kamil masih memuncaki klasemen cawapres,” kata dia dikutip Senin (5/6/2023).

Meski namanya selalu muncul dalam hasil survei, pria yang akrab disapa RK ini menegaskan bahwa dirinya bakal mengikuti keputusan Partai Golkar.

Keterangan tersebut dia sampaikan saat diwawancarai oleh awak media di sela-sela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Golkar di Jakarta pada Minggu, 4 Juni 2023.

”Pokoknya mengikuti arahan partai,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Lepas Dari Kinerjanya

Menurut RK, hasil survei atas dirinya tidak lepas dari kerja yang selama ini dia lakukan. Baik di Bandung ketika menjadi wali kota Bandung maupun di Jawa Barat selama menjabat gubernur.

”Saya sudah sering bilang, saya tidak menghalangi disurvei. Mungkin buah dari kerja saya, karena survei April juga kepercayaan publik kan 90 persen,” terang suami Atalia Praratya tersebut.

Sebagai salah seorang kader Partai Golkar, lanjut RK, dirinya kini menyerahkan sepenuhnya keputusan untuk turut serta dalam kontestasi pemilu kepada partai yang menaungi dirinya. Termasuk keputusan Partai Golkar yang sampai sejauh ini masih menjagokan Airlangga Hartarto.

”Urusan itu, kami sudah sepakat dalam rakernas, kami tetap mengusung Pak Airlangga,”kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini