Sukses

Elektabilitas Teratas di Survei Indikator, Erick Thohir Puncaki Klasemen Cawapres

Menteri BUMN Erick Thohir semakin potensial menjadi calon wakil presiden (cawapres) terkuat untuk Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir semakin potensial menjadi calon wakil presiden (cawapres) terkuat untuk Pilpres 2024. Elektabilitas Erick Thohir berhasil melonjak naik dan menjadi yang teratas.

Terekam dalam survei Indikator Politik Indonesia periode 26 hingga 30 Mei 2023, Elektabilitas Erick Thohir semakin melesat tinggi dengan raihan peningkatan angka elektabilitas sangat signifikan.

“Erick Thohir mengalami kenaikan elektabilitas menjadi 15,5 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei terbaru bertajuk ‘Saling Salip Elektabilitas Capres Cawapres Jelang Pemilu 2024’, Minggu (4/6/2023).

Tingginya raihan elektabilitas tersebut, lanjut dia, tentu menjadikan Erick Thohir sebagai figur cawapres pemuncak klasemen untuk Pilpres 2024. Erick Thohir berhasil unggul dengan figur-figur politisilainnya.

Eks Presiden Inter Milan ini ungguli nama politisi lain seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menkopolhukam Mahfud MD, Menparekraf Sandiaga Uno serta Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Tercatat raihan elektabilitas Ridwan Kamil berada di belakang Erick Thohir dengan hanya mendapatkan angka 15,4 persen. Termasuk juga Mahfud MD hanya mendapat elektabilitas sebagai cawapres sebesar 13,4 persen.

Sebaliknya raihan Sandiaga Uno dan AHY justru semakin melonjak turun, keduanya hanya mendapat elektabilitas sebesar 13,1 persen dan 5,6 persen. Itu artinya Erick Thohir semakin mantap berada di posisi puncak cawapres untuk Pilpres 2024.

"(Erick Thohir) memuncaki klasemen cawapres,” sambung Burhanuddin.

Survei dilakukan dengan metodologi yang digunakan adalah random digit dialing (RDD) dengan sampel 1230 responden. Margin of Error (MoE) survei ini diperkirakan sebesar 2,9 persen dan memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunggulan Erick Thohir

Sejumlah keunggulan dimiliki Menteri BUMN Erick Thohir untuk dapat terusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Hal tersebut semakin menjadikan Erick Thohir pilihan utama masyarakat.

Pengamat Politik UIN Jakarta Ahmad Bakir Ihsan mengatakan, modal besar dimiliki Erick Thohir menatap Pilpres 2024 mendatang. Sosoknya terus mendapat respons positif dari semua kalangan masyarakat.

"Semua modal yang dimiliki Erick Thohir baik posisi maupun identitas lainnya," kata Bakir.

Dia menambahkan, dari banyaknya keunggulan yang dimiliki Ketua Umum PSSI ini tentu mampu menciptakan dampak secara elektoral. Salah satunya semakin menguatkan potensi keterungan Erick Thohir sebagai cawapres.

Merujuk pada hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 30 April - 5 Mei 2023, elektabilitas Erick Thohir berhasil berada di papan atas. Menteri andalan Presiden Jokowi ini berhasil meraih elektabilitas sebesar 18,8 persen.

"Sejatinya pintu elektoral yang dapat diakumulasi," imbuh Bakir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.