Sukses

Pemilu 2024, PAN Serius Wujudkan Duet Airlangga-Zulkifli Hasan

Wakil Ketua Umum Partai Nasional (PAN) Yandri Susanto mengaku serius mempertimbangkan duet antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk bergabung dengan Ketua PAN Zulkifli Hasan diajang Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Partai Nasional (PAN) Yandri Susanto mengaku serius mempertimbangkan duet antara Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk bergabung dengan Ketua PAN Zulkifli Hasan diajang Pemilu 2024.

“Itu salah satu opsi, untuk menawarkan calon yang bisa dipilih oleh rakyat dan itu bagus juga ketua umum parpol maju sebagai wujud kaderisasi dan memperkaya pilihan rakyat,” ujar Yandri pada, Rabu (31/5/2023).

“Artinya poros itu kami munculkan dengan serius dengan harapan bisa terwujud,” lanjutnya.

Dia mengklaim jika, menjumlahkan perolehan suara pada pemilu 2019, maka memenuhi syarat ambang batas 20% dari presidential thershold.

Sementara itu, berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) saat itu, Golkar meraih 17.229.789 suara atau sekitar 12,31%. Sedangkan PAN meraih 9.572.623 suara atau setara 6,84%.

Namun, diakui Yandri, Zulhas tidak diajak bicara serius. Dia juga akan membuat keputusan akhir untuk Zulhas setelah diskusi yang lebih serius.

Demikian, opsi menyandingkan Zulhas dengan Airlangga Hartarto muncul karena PAN sudah terbiasa menggunakan pengurusnya sendiri pada pemilu sebelumnya.

"Karena Rakernas sudah memberikan mandat penuh pada Bang Zul untuk menentukan siapa capres-cawapres yang akan diusung PAN, termasuk paket ini apakah direstui beliau atau tidak," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan Bertemu di AS

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan saling bertemu di Amerika Serikat. Kehadiran mereka di sana notabenenya sebagai menteri untuk membahas APEC.

Meski demikian, keduanya juga sempat menyinggung soal Pemilu 2024. Di mana baik Golkar dan PAN sama-sama berada di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Airlangga pun angkat bicara soal dirinya maju bersama pria yang akrab disapa Zulhas. Menurut dia, baik Golkar dan PAN sama-sama memiliki tiket.

“Kami memang sejak lama bersama-sama kuat dan yang paling penting punya tiket,” kata Airlangga dalam keterangannya, Jumat (26/5/2023).

“Kami sejak awal di KIB. Komunikasi sangat baik dan guyub,” sambungnya.

Menko Perekonomian ini tak menjawab lugas, tetapi hanya melempar senyuman soal dirinya maju bersama Zulhas.

“Saya dan Pak Zul punya hubungan yang sangat baik. Kami sering komunikasi, bertukar pikiran, mencari solusi terbaik untuk berbagai persoalan bangsa ini. Di kabinet, saat ini kami sama-sama di bidang ekonomi,” kata Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini