Sukses

Erick Thohir Merangsek Naik di Bursa Cawapres

Sosok Menteri BUMN Erick Thohir merangsek naik sebagai calon wakil presiden (cawapres) teratas dalam temuan survei terbaru dari Populi Center Public Opinion & Policy Research.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Menteri BUMN Erick Thohir merangsek naik sebagai calon wakil presiden (cawapres) teratas dalam temuan survei terbaru dari Populi Center Public Opinion & Policy Research.

Dalam temuan terbaru Populi Center, menteri andalan dan kepercayaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berada di urutan ketiga.

Terekam Erick Thohir memiliki elektabilitas cawapres sebesar 10,4 persen dan bertengger di posisi tiga. Di peringkat teratas ia bersaing dengan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Di mana masing–masing pemimpin tersebut memiliki elektabilitas sebesar 19,3 persen dan 16,5 persen.

“Pada pertanyaan semi terbuka tentang simulasi tokoh calon wakil presiden, masyarakat paling banyak menjawab Ridwan Kamil 19,3 persen, disusul Sandiaga Salahuddin Uno 16,5 persen, Erick Thohir 10,4 persen,” terang Peneliti Populi Center, Rafif Pamenang Imawan dalam rilis medianya, Senin (29/05).

Perlu diketahui, dalam temuan Populi Center pada bulan Februari lalu, Erick Thohir berada di posisi kelima. Ia bertengger di posisi lima dengan elektabilitas sebesar 8,8 persen.

Dengan ini, ia mengalami kenaikan elektabilitas sebesar 1,6 persen dan berhasil bertengger di posisi tiga teratas. Tambahan informasi, Populi Center menyelenggarakan survei nasional ini mulai tanggal 4 hingga 12 Mei 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Sampel responden tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia, termasuk di 4 (empat) Daerah Otonomi Baru yaitu Papua Tengah, Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan. Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 1.200 responden.

Metode yang digunakan adalah multi stage random sampling dengan Margin of Error (MoE) ± 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.