Sukses

PKS: Aher Didaftarkan Caleg DPR RI dan Masih Jadi Bakal Cawapres Anies

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu menyatakan Ahmad Heryawan atau Aher didaftarkan menjadi caleg DPR RI untuk Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu menyatakan Ahmad Heryawan atau Aher didaftarkan menjadi caleg DPR RI untuk Pemilu 2024.

“Aher didaftarkan sebagai caleg di jabar 2,” kata Syaikhu di Gedung KPU RI, Senin (8/5/2023).

Meski menjadi caleg, Syaikhu mengklaim PKS tetap mengusulkan Aher sebagai bakal cawapres Anies.

“Ya kan engga ada kaitan, ini cawapres anies kan tidak mensyaratkan juga harus mundur dari caleg, kan masih belum ini masih proses, jadi kita liat aja nanti perkembangan,” kata Aher.

“Dua-duanya masih (cawapres dan caleg),” sambungnya.

Nantinya pembahasan cawapres Anies menurut Syaikhu akan dilakukan dalam pertemuan koalisi perubahan.

“Iya jelas itu harus ada dan kita juga akan serahkan mungkin berbagai cawapres yang diusulkan itu ke capres untuk mungkin dari sisi chemistry , sisi peluang untuk menang, kita akan kaji,” kata Syaikhu.

Menurut Syaikhu, pihaknya akan mengajukan nama cawapres yang bisa membantu kemenangan Pilpres.

“Kita berbagai patokan bahwa cawapres yg aka kita ajukan itu mempunyai potensi menang besar. kalau itu memang kader sendiri dan potensi menangnya besar kita akan sodorkan ke capres kita,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PKS Jadi Partai Pertama Mendaftarkan Caleg ke KPU

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendaftarkan Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Senin (8/5/2023).

Jajaran DPP PKS dan para kader melakukan karnaval dari Taman Suropati berjalan kaki menuju Gedung KPU. Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyatakan pihaknya menjadi parpol pertama yang mendaftar ke KPU.

"Alhamdulilah kita tanggal 8 PKS no 8 mendaftarkan menjadi peserta pertama dalam kontestasi pemilu 2024. Mudah-mudahan ini bagi kita menjadi penyemangat bahwa PKS siap menyongsong demokrasi 2024,” kata Syaikhu di KPU RI, Senin (8/5/2023).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKS Habib Aboe Bakar Al Habsy mengatakan, terdapat 580 caleg yang sudah terdaftar ke KPU.

"Alhamdulillah saya laporkan dari 580 calon caleg kita sudah terdaftar dan masuk ke sistem KPU. 208 wanita, artinya 35,9 persen dan juga ada wakil2 milenial,” kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.