Sukses

Survei Indikator: Elektabilitas Prabowo Naik, Ganjar dan Anies Turun

Penyebab naik dan turunnya elektabilitas Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan adalah tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyampaikan, elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden mengalami kenaikan. Sedangkan bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo dan bakal calon presiden Nasdem Anies Baswedan mengalami penurunan.

Penyebab naik dan turunnya elektabilitas Prabowo, Ganjar, dan Anies adalah tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Penilaian kinerja terhadap Jokowi mencapai 78,5 persen pada April 2023, naik dari 73,1 persen pada Maret 2023.

Walaupun menurun, elektabilitas Ganjar Pranowo masih tertinggi dengan angka 27,5 persen pada simulasi 35 nama. Sementara Prabowo 25,1 persen sebagai runner-up. Anies berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 18,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan, Ganjar mengalami penurunan dari 30,8 persen Maret 2023 menjadi 27,5 persen. Sementara Anies turun dari 23,3 persen menjadi 18,8 persen. Di tiga besar nama calon presiden, hanya Prabowo naik dari 23 persen menjadi 25,1 persen.

Burhanudin mengatakan, penurunan Ganjar karena ada insiden penolakan kehadiran Israel oleh PDIP dan Ganjar di Piala Dunia U-20, yang akhirnya membuat Indonesia batal menjadi tuan rumah. Tetapi kenaikan Ganjar tidak terlalu curam lantaran terbantu tingkat kepuasan Presiden Joko Widodo yang masih tinggi.

"Approval presiden Maret ke April naik itu membantu menetralisir gagalnya Piala Dunia kepada elektabilitas Ganjar," ujar Burhanuddin saat rilis survei secara daring, Minggu (30/4/2023).

Elektabilitas Anies Baswedan mengalami penurunan disebabkan tingkat kepuasan kepada Jokowi. Karena posisi Anies sebagai antitesa Jokowi.

"Yang menarik elektabilitas Anies juga turun. Penjelasan kami berkaitan dengan approval rating Jokowi. Karena approval rating naik 5 persen dibandingkan bulan Maret maka capres yang menjual narasi perubahan ikut tertekan. Kan beliau dianggap capres antitesa," ujar Burhanuddin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Tokoh yang Paling Diuntungkan

Prabowo menjadi tokoh yang paling diuntungkan dengan kenaikan tingkat kepuasan terhadap Jokowi. Angka elektabilitas Prabowo saat ini cenderung selalu naik meski belum menyalip Ganjar.

"Ini kabar baik buat Pak Prabowo. Dia naik terus meskipun di bawah Ganjar Pranowo," kata Burhanuddin.

Indikator menggelar survei tatap muka periode 11-17 April 2023. Sebanyak 1220 responden diambil menggunakan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

 

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.