Sukses

Golkar Dukung Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Pasangan Gibran dan Teguh sebelumnya diumumkan oleh PDIP pada Jumat pekan lalu sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota di Pilkada Solo.

Jakarta Ketua DPD I Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono, menyatakan mendukung putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wali kota Solo 2020. 

"Keputusan DPP Partai Golkar, Partai Golkar ikut mengusung Gibran," katanya, Senin, 20 Juli 2020. 

Terkait wakilnya, kata Iqbal, Golkar tidak menyodorkan tokoh lain untuk mendampingi. Golkar ikut mendukung anggota DPRD Kota Solo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Teguh Prakosa, sebagai pendamping Gibran.

Pasangan Gibran-Teguh sebelumnya diumumkan oleh PDIP pada Jumat pekan lalu sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo. 

Di Kota Solo, PDIP merupakan partai terbesar, karena mampu meraih 30 dari total 45 kursi di DPRD.

Sementara di posisi kedua ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memiliki 5 kursi di DPRD, posisi ketiga ditempati Partai Golkar, Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional dengan masing-masing 3 kursi, serta 1 kursi terakhir dipegang oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koalisi Golkar dan Gerindra

Sementara itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, sebelumnya melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Dia menyampaikan ada kecocokan sekaligus perbedaan antara partainya dengan Gerindra terkait koalisi di sejumlah daerah pada Pilkada 2020.

Namun, menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini perbedaan tersebut dianggap hal wajar. 

"Kami sepakat bahwa kami semua mendukung dan menjaga persahabatan, menjaga NKRI, dan kami berjuang untuk kemajuan Indonesia. Jadi banyak persamaan daripada perbedaan," ujar Airlangga.

Dia mengatakan partainya akan terus berkomunikasi dengan Gerindra secara periodik. Airlangga menyebut selama ini juga sering berkomunikasi dengan Prabowo mengingat mereka sama-sama berada di kabinet Presiden Joko Widodo.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.