Sukses

Haji Amir Sumbang Belasan Ribu Masker dan Sembako untuk Warga Banggai

Haji Amir, menyadari seluruh masyarakat harus solid untuk melindungi diri sendiri. Dengan begitu, penyebaran virus tersebut bisa terhambat.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pasien yang dinyatakan positif corona atau Covid-19 di Indonesia tersu meningkat. Data Per 8 Maret 2020 saja menyebutkan, total ada 2.956 orang dinyatakan positif terjangkit virus asal Wuhan, China itu. Selain itu, sebanyak 240 pasien dinyatakan meninggal dunia.

Terus meningkatnya jumlah penderita corona ini, membuat sejumlah warga yang peduli mendonasikan hartanya bagi warga terdampak, salah satunya adalah tokoh masyarakat dan pengusaha di Kabupaten Banggai Amirudin Tamoreka. Dia turut memberikan bantuan dan perhataian terhadap masyarakat di wilayahnya.

Haji Amir, menyadari seluruh masyarakat harus solid untuk melindungi diri sendiri. Dengan begitu, penyebaran virus tersebut bisa terhambat. Ini yang melandasi dia memberikan bantuan terhadap masyrakat.

Yang menjadi perhatian Haji Amir adalah petugas medis, dokter, dan TNI-Polri. Sebab, mereka semua adalah garda terdepan yang selalu siap melayani masyarakat dalam mencegah penyebaran virus ini.

"Sumbangan kami sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Kabupaten Banggai dan membantu pemerintah serta teanga medis yang berjuang untuk kita," kata Haji Amir dalam pernyataannya, Rabu (8/4/2020).

Dia menyiapkan bantuan medis berupa 350 set alat pelindung diri, 1.700 buah handscoon, 7.000 botol hand sanitizer, 12.000 pcs masker, 8.000 botol sabun cair.

Penyerahan bantuan APD ini diberikan kepada kepada RSUD Kabupaten Banggai. Kata dia, bantuan seperti ini harus diterima tulus dan mesti melepasakan kepentingan politik. "Marilah kita sama-sama bergandengantangan melawan pandemi ini," kata Haji Amir, yang telab memastikan diri maju di Pilkada Banggai. 

"Semoga bantuan kami dapat bermanfaat untuk mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Banggai," ujar Haji Amir. 

Dia meminta maaf karena tidak bisa datang langsung ke lokasi untuk pemberiaan bantuan ini. Sebab, dia sedang berada di Jakarta. Haji Amir mengikuti anjuran pemeritah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

"Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat, hdiayah dan perlindungannya pada kita semua dan wabah corona ini cepat berlalu sehingga kita bisa berkumpul bersama," kata Haji Amir. 

Dia memberikan sejumlah pesan kepada masyarakat, pertama, beribadah dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kita mendapat perlindungan dari wabah Corona. Kedua, tetap tenang dan jangan panik, selalu waspada dan jangan menganggap remeh.

"Ketiga, rajin berolahraga, menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem kekebalan tubuh meningkat," katanya.

Keempat, sering mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer sebelum dan sesudah beraktivitas. Kelima, selalu menggunakan masker, saat beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum, selalu menjaga jarak aman minimal 1 meter ketika berkomunikasi antar individu.

Keenam, konsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah serta tetap tinggal di rumah dan jangan berpergian kecuali untuk keperluan mendesak atau darurat. Ketujuh, berperilaku hidup bersih dan sehat, bila mengalami gejala seperti batuk, flu, atau sesak nafas, segera ke fasilitas kesehatan.

"Kedelapan, selalu pantau perkembangan penyakit corona/COVID-19 dari sumber resmi dan akurat. Serta patuhi semua anjuran dari tim gugus tugas pencegahan COVID-19 Kabupaten Banggai," ujarnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagikan Sembako

Selain memberikan bantuan alat medis, Haji Amir juga memberikan 500 paket sembako untuk keluarga tidak mampu. Harapannya, bantuan sembako ini bisa meringankan sedikit beban masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Pemberian sembako ini masih tahap awal, masih ada untuk tahap selanjutnya.

Masyarakat yang menerima bantuan dari Haji Amir mengucapkan syukur dan terima kasihnya. Salah satu warga Kecamatan Batui, Kabupaten Bangga, Fahrudin L Mappatunru merasa terharu dengan bantuan dari Haji Amir ini.

"Alhamdulillah. Masyarakat Kabupaten Banggai sangat berterima kasih dan merasa terharu atas kepedulian Haji Amirudin Tamoreka," kata Fahrudin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.