Sukses

Ma'ruf Amin Bernostalgia Saat Mondok di Pesantren Atthohiriyah Banten

Ma'ruf meminta masyarakat untuk memasukkan anaknya ke pesantren, agar bisa menimba ilmu agama dan akademik.

Liputan6.com, Serang - Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amien bersilaturahmi dengan kiai, ulama, dan santri di Kabupaten Serang, Banten. Lokasi yang dikunjunginya kali ini adalah Pondok Pesantren Atthohiriyah, Pelamunan, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang.

"Saya juga pernah mondok di sini," kata Ma'ruf Amien saat menyambangi pesantren tersebut, Sabtu (6/4/2019).

Ma'ruf Amin sempat berbagi cerita, bagaimana saat dia mengenyam pendidikan agama Islam di ponpes salafi itu. Dia sempat menanyakan ke pengurus pesantren di mana tempat dia tinggal dan belajar sewaktu mondok, karena pesantren telah berubah banyak.

Menurut dia, bangunan pesantren tersebut dulunya sangat sederhana, sedangkan kini telah menjadi bangunan permanen.

"Saya sempat tanya di mana saya dulu nyantren, ternyata masih ada," ujar dia.

Ma'ruf meminta masyarakat untuk memasukkan anaknya ke pesantren, agar bisa menimba ilmu agama dan akademik. Sehingga, masa depan anak bisa berimbang dan menjadi pemimpin di generasi selanjutnya.

"Pesantren itu dipilih yang bibitnya paling bagus, agar jadi kiai pinter, ini tugas pertama ulama. Tugas ulama lainnya, membangun kemaslahatan dan menghilangkan kerusakan. Menjaga umat dari aqidah yang rusak," kata Ma'ruf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Ma'ruf Amin di Banten

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin melakukan silaturahmi dengan ulama dan tokoh Banten, hari ini. Rencananya Ma'ruf bakal menyambangi Serang, Pandeglang, dan Tangerang, Banten.

"Hari ini simpul-simpul saja, berbagai komunitas penting di tiga tempat," ucap dia sebelum berangkat dari rumahnya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2019).

Lokasi pertama yang akan disambanginya adalah Pondok Pesantren Atthohiriyah, Serang, Banten. Dia akan silaturahmi dengan kiai, santri, dan masyarakat Banten.

Dari Serang, Ma'ruf Amin bergeser ke Pandeglang. Mustasyar PBNU itu menghadiri Istigosah Kubro dan Ijazah Kitab Shohih Bukhori di lapangan Sinar Laut Panimbang, Pandeglang.

"Kita silaturahim tokoh-tokoh yang harus dimantapkan. Kemudian di Pandeglang, jauh itu mereka minta ijazah kitab. Saya memberi ijazah kitab, jadi kiai, bukan jadi jurkam," kata Ma'ruf Amin.

Malamnya, Ma'ruf ke Tangerang untuk menerima deklarasi Matlaul Anwar. Kata dia, Matlaul Anwar dulunya mendukung capres 02 Prabowo Subianto.

"Komunitas Matlaul Anwar yang selama ini diasosisikan ke 02, tapi nanti malam pemudanya, muslimatnya, pemudinya dan mahasiswanya, ada lima ormas di bawah Matlaul Anwar akan mendeklarasikan ke 01," kata Ketua Umum MUI itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.