Sukses

Prabowo Sebut Gaji Dokter Lebih Kecil dari Tukang Parkir, Ini Kata IDI

IDI menanggapi pernyataan dari capres nomor urut 02, Prabowo Subianto soal gaji dokter di Indonesia yang lebih kecil dari tukang parkir.

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menanggapi pernyataan dari capres nomor urut 02, Prabowo Subianto soal gaji dokter di Indonesia yang lebih kecil dari tukang parkir. IDI mengatakan, masih banyak dokter yang pendapatannya masih di bawah Rp 3 juta, khususnya dokter umum.

"Bisa jadi seperti itu. Karena saya tidak tahu persis berapa pendapatan (tukang) parkir. Yang saya tahu dari informasi yang disampaikan oleh teman-teman dokter di berbagai daerah, masih banyak dokter yang pendapatannya masih di bawah Rp 3 juta," jelas Ketua Umum Pengurus Besar IDI Dr Daeng M Faqih saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

"Mereka-mereka ini dokter umum yang berada di garda depan memang gajinya masih ada yang di bawah Rp 3 juta," sambung dia.

Daeng berharap, siapapun yang akan terpilih jadi Presiden baik Jokowi maupun Prabowo, dapat meningkatkan kesejahteraan dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Baik itu dalam bentuk kompensasi ataupun reward.

"Revisi besaran kapitasi dan INA CBGs (Indonesian Case Base Groups) JKN sesuai nilai keekonomian," ucap dia soal pidato kebangsaan Prabowo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Janji Prabowo

Sebelumnya, Prabowo Subianto menjanjikan perubahan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak hanya bagi petani, kaum pekerja, hingga bagi dokter. Sebab, Prabowo melihat penghasilan dokter di Indonesia masih kecil.

"Dokter-dokter kita harus dapat penghasilan layak. Sekarang banyak dokter kita gajinya lebih kecil dari tukang jaga parkir mobil," ujar Prabowo.

Prabowo tidak menjelaskan lebih detail soal penghasilan dokter yang disebutnya lebih kecil dari tukang parkir mobil.Selanjutnya, Prabowo juga berjanji untuk memberikan susu gratis kepada seluruh anak sekolah di Indonesia.

"Tidak boleh ada anak indonesia kurang makan, dan kelaparan di republik kita. sasaran kami, kita harus setara dengan prestasi tetangga kita," jelas Prabowo.

Masih di bidang kesejahteraan sosial, Prabowo juga berjanji lebih memperhatikan kaum disabilitas dengan membangun infrastruktur yang ramah dan menyediakan lapangan kerja terhormat dan tepat bagi penyandang disabilitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.