Sukses

Siap-Siap, Ini 4 Tema Menantang di Debat Capres dan Cawapres Pertama 2019

Jumlah soal debat capres cawapres mencapai 20 pertanyaan yang terkait tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

Liputan6.com, Jakarta - Debat perdana calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akan dilaksanakan pada Kamis, 17 Januari 2019. Gelaran debat dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah menentukan tema debat perdana. Tema yang akan diusung adalah Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. KPU pun sudah menyiapkan kisi-kisi debat perdana untuk capres dan cawapres.

Menurut Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi, jumlah kisi-kisi soal debat capres cawapres mencapai 20 pertanyaan terkait tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme.

"Yang kami ingin memang menggali visi misi para pemimpin calon presiden dan wakil presiden ke depan," ungkap Pramono.

Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan, sebagai pihak penyelenggara, keputusan KPU terkait bocoran daftar pertanyaan di debat perdana ini bukan keputusan pribadi. Keputusannya disepakati bersama kedua kubu capres.

"Karena pengalaman di banyak tempat sering terjadi, jadi kami ambil putusan itu. Pesan penting kami tidak ingin ada paslon yang dipermalukan," jelas Arief.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Enam Segmen

Debat perdana yang akan digelar pada 17 Januari 2019 akan diisi enam segmen. Segmen pertama penyampaian visi misi kandidat. Segmen kedua dan ketiga menjawab pertanyaan dari para pakar.

Segmen keempat dan kelima adalah debat antarkandidat dengan pertanyaan yang diajukan masing-masing paslon. Dan terakhir segmen keenam ada closing statement dari masing-masing paslon.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.