Sukses

Janji Djarot Lindungi Nelayan Sumut

Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat menyebut, baik nelayan tradisional maupun modern perlu mendapatkan perlindungan.

Liputan6.com, Batubara - Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat mengatakan, seluruh nelayan baik tradisional maupun modern perlu mendapatkan perlindungan. Hal ini agar dapat bekerja dengan baik dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Usai berdialog di Kecamatan Tanjung Tiram dan Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Djarot menyebut, salah satu bentuk perlindungan untuk nelayan adalah asuransi nelayan yang melindungi mereka dalam menangkap ikan.

Dari perbincangan dengan sejumlah nelayan di Kecamatan Tanjung Tiram dan Kecamatan Talawi tersebut, masih banyak nelayan yang belum memiliki asuransi. Karena itu, Djarot akan memberikan perlindungan berupa asuransi untuk seluruh nelayan.

"Kami akan pastikan semua nelayan tradisional mendapatkan asuransi, khususnya untuk biaya berobat," ujar Djarot, seperti dikutip dari Antara, Jumat (11/5/2018).

Perlindungan, kata dia, juga perlu diberikan untuk nelayan modern yang menangkap ikan dengan peralatan lebih canggih.

Pasangan Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara Sihar Sitorus ini mengatakan, aturan dalam sistem pengambilan ikan dengan pukat hela belakangan ini juga belum terlalu jelas.

"Karena itu, diperlukan pembinaan bagi nelayan tradisional dan modern agar keduanya tetap terlindungi dan sama-sama mendapatkan penghasilan," ucap Djarot Saiful Hidayat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Pembinaan

Djarot menegaskan, operasional nelayan tradisional perlu dilindungi, namun aktivitas nelayan modern juga harus dibina tanpa melanggar aturan dan merugikan nelayan tradisional.

"Keduanya perlu pembinaan supaya nelayan tradisional dan modern bisa bekerja sama dengan pengaturan yang jelas. Semuanya bisa hidup dengan baik," tegas Djarot.

Dalam kunjungan tersebut, Djarot didampingi sejumlah tokoh pesisir Batubara berkeliling di perairan Tanjung Tiram dengan sampan tradisional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.