Sukses

Persiapan Pencoblosan Ulang Pilkada DKI Seperti Sangkuriang

Persiapan pencoblosan ulang Pilkada DKI hanya dilakukan dalam semalam, layaknya Sangkuriang membuat perahu dan telaga hanya satu malam.

Liputan6.com, Jakarta - TPS 29 Kalibata menjadi salah satu tempat Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada DKI 2017. Panitia rupanya tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan segala sesuatunya. Mereka hanya memiliki waktu satu malam.

Ketua Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) 4 Awaludi Yamin menjelaskan, pihaknya didatangi KPU, Panwaslu dan kepolisian pada Sabtu sore, 18 Februari 2017. Mereka memberitahukan akan ada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 29 ini.

Saat pemberitahuan, survei tempat dan penyiapan logistik langsung dilakukan. Panwas mulai menulis satu per satu nama warga yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap. Sedangkan KPPS membuat form C-6 kepada warga.

"Mulai nulis dari habis Maghrib, kita dibantu Panwas untuk nulis. Setelah Isya, langsung kita bagikan ke warga," kata Awaludin di lokasi, Minggu (19/2/2017).

Di sisi lain, panitia menyiapkan lokasi TPS yang sudah disepakati. Tenda langsung dibangun, kursi dan meja disusun rapi, hingga dekorasi sederhana bernuansa merah putih.

"Kita bagikan C-6 sampai jam 12 malam. Sebagian lagi bantu bangun tenda," imbuh dia.

Tak lama kemudian, kotak suara bersama surat suara tiba di TPS. Warga dibantu kepolisian turut menjaga hingga pagi hari.

Awal menjelaskan, hingga pagi hari masih ada beberapa C-6 yang belum diberikan kepada warga. Warga ini merupakan warga kompleks perumahan yang lokasinya agak jauh dari lokasi TPS.

Pagi harinya, warga yang tinggal di kompleks tetap diberi tahu ada Pemungutan Suara Ulang. Mereka dipersilakan datang langsung ke TPS.

"C-6 mereka ada di saya. Mereka saya kumpulkan di depan TPS, baru saya berikan di sini," imbuh dia.

Meski hanya semalam, warga tampaknya sangat antusias menyalurkan suaranya pada Pilkada DKI 2017. Tampak dari kondisi TPS yang selalu didatangani warga hingga TPS ditutup pada pukul 13.00 WIB.

Persiapan serba cepat PSU Pilkada DKI 2017 ini mengingatkan kita dengan legenda Sangkuriang yang harus membuat perahu dan telaga atas permintaan Dayang Sumbi dalam waktu satu malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.