Sukses

KPU Pastikan 2 Moderator Debat Cagub DKI 2017 Profesional

KPU DKI juga sudah melacak latar belakang moderator dan panelis debat cagub DKI 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Dua nama moderator debat cagub DKI 2017 telah beredar. Tina Talisa dan Eko Prasodjo didapuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memimpin jalannya debat putaran kedua.

Berasal dari lingkungan berbeda, praktisi dan akademisi, KPU DKI memastikan keduanya merupakan sosok yang terjaga integritasnya.

"Moderator dan (termasuk) panelis sudah tanda tangan pakta integritas bahwa mereka akan siap profesional," ujar Ketua KPU DKI Sumarno di kantornya, Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2017).

KPU DKI, menurutnya, juga sudah melacak latar belakang moderator dan panelis debat cagub DKI 2017. "Kami sudah melakukan rekam jejak terhadap mereka," ungkap Sumarno.

Sebelumnya beredar info, salah satu moderator pernah ditawari jadi konsultan salah satu pasangan calon (paslon). Meski mengaku belum mendengar hal itu, Sumarno meyakini para moderator dan panelis debat cagub DKI 2017 sudah clear.

"Sejauh ini kami belum mendapat informasi terkait itu. Dia memang konsultan, dia pernah juga jadi aktivis, kemudian pernah mengikuti kegiatan kepartaian. Tapi dikonfirmasi (yang) bersangkutan clear," dia menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.