Sukses

Anies Yakin Moderator Debat Cagub Kedua Akan Objektif

Eko Prasodjo dan Tina Talisa akan menjadi moderator pada debat cagub cawagub DKI Jakarta 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan, tidak meragukan integritas maupun kapasitas Eko Prasodjo yang akan menjadi moderator dalam debat kedua, Jumat pekan ini 27 Januari 2017. Anies menganggap penunjukan Eko sesuai dengan tema debat nanti, yakni seputar persoalan reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

"Prof. Eko Prasodjo adalah seorang yang sangat menguasai bidang reformasi birokrasi, seorang pakar yang dihormati di Indonesia maupun di luar negeri," ujar Anies saat ditemui di daerah Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa 24 Januari 2017.

Menurut Anies, pengalaman Eko saat masih menjabat sebagai Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan membuatnya paham untuk memandu selama debat berlangsung.

Anies tidak mempersoalkan jabatan terakhir Eko di pemerintahan karena menurut Anies, Eko merupakan sosok yang berintegritas dan objektif.

"Pak Eko itu orang berintegritas tinggi, reputasinya baik, seorang profesional dan saya sangat yakin beliau akan objektif," kata Anies.

Meski mengaku kenal secara pribadi, Anies yakin bahwa Eko bisa menjaga komitmen dan integritasnya sebagai seorang akademisi dan cendekiawan.

Selain Eko, debat cagub cawagub DKI Jakarta kedua, juga akan dipandu mantan pembawa berita Tina Talisa yang bertugas sebagai moderator.

Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandiaga, Mardani Ali Sera juga menilai, latar belakang Eko sebagai wakil menteri membuatnya cocok memandu debat. Terlebih salah satu temanya membahas reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

Mardani juga tidak mempersoalkan latar belakang Eko yang pernah menjabat dalam pemerintahan SBY untuk memandu debat Pilkada. Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono juga menjadi salah satu kandidat di Pilkada DKI Jakarta 2017.

"Kalau dia tidak independen repot integritasnya. Kita yakin dengan integritas beliau," ujar Mardani di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Selasa malam.

Eko Prasodjo menjabat sebagai guru besar Departemen Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Politik dan Sosial Universitas Indonesia, sedangkan Tina Talisa pernah menjadi presenter di beberapa televisi swasta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini