Sukses

Amankan Pilkada, Polda Papua Sebar Brimob di 11 Kabupaten

Baru 1 kompi Brimob dari kompi Kelapa Dua datang ke Jayapura. Mereka disebar di 11 kabupaten yang mengikuti pilkada serentak.

Liputan6.com, Jayapura - Sebanyak 250 personel Brimob Polda Papua akan digeser ke-11 kabupaten yang mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang.

Tak hanya itu, 1 kompi personel Brimob dari Kelapa Dua, Depok juga akan disiagakan di Jayapura, untuk mengantisipasi adanya kejadian yang menonjol pada pesta demokrasi tersebut.  

Komandan Satuan Brimob Polda Papua Kombes Pol MD Fakhiri menuturkan, Polda Papua sudah meminta tambahan 2 kompi Brimob dari Kelapa Dua, namun yang baru dikirimkan ke Jayapura 1 kompi Brimob.  

"Pasukan akan digeser sesuai permintaan para Kapolres. Biasanya pasukan digeser mulai H-7," ujar Fakhiri di Jayapura, Sabtu (10/10/2015).
 
Menurut Fakhiri, ada sejumlah daerah yang diwaspadai rawan keamanan pada Pilkada tersebut, khususnya daerah Pegunungan Tengah Papua, diantaranya Kabupaten Yalimo, Pegunungan Bintang dan Yahukimo.
 
Untuk menangani gangguan keamanan tersebut, Fakhiri meminta personelnya tetap mengedepankan cara persuasif dan humanis, hingga tak menimbulkan kekerasan.

Apalagi,  saat ini sudah ada tahapan prosedur tetap polisi untuk penanganan unjuk rasa dalam rangka menghadapi situasi kontigensi Pemilukada serentak di Papua.

"Aparat tidak boleh keluar dari protap yang sudah berlaku dalam Polri. Penggunaan senjata api pun hanya bisa digunakan, apabila ekskalasi meningkat," pungkas Fakhiri. (Dms/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini