Sukses

Kalla Toyota Pimpin Pasar Otomotif di Indonesia Timur

Kalla Toyota, sebagai main dealer Toyota di wilayah Indonesia timur, khususnya Sulawesi terus konsisten memimpin pasar otomotif

Liputan6.com, Jakarta - Kalla Toyota, sebagai main dealer Toyota di wilayah Indonesia timur, khususnya Sulawesi secara konsisten memimpin pasar otomotif di areanya. Meskipun begitu, penjualan pada tahun ini diakui cukup berat, dengan segala kondisi ekonomi yang penuh tantangan.

Dijelaskan Strategic Management Division Head Kalla, pada penjualan tahun lalu, Kalla Toyota meraih pangsa pasar sebesar 33 persen di empat provinsi, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah.

"Kami nomor 1 (wilayah Indonesia timur). Namun, tahun ini diprediksi pasar memang belum akan tumbuh, dan kita masih akan targetkan menjual 21 ribu unit kendaraan," ujar Muhammad Shobirin, saat acara Intimate Lunch with Media, Selasa (11/6/2024).

Sementara itu, untuk penjualan Januari hingga Mei 2024 sendiri, memang cukup berat dan bahkan angkanya tidak akan melampaui pencapaian pada tahun lalu.

Hal tersebut, dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi politik, dengan adanya pemilihan umum pada periode 3 bulan pertama 2024.

"Kita lihat, industri otomotif saat ini konsumen masih wait and see ya. Pikiran kita, pilpres selesai, sudah keluar nama pemenangnya maka penjualan akan naik, tapi ternyata belum," tegasnya.

Sementara itu, Kalla Group sendiri, memang masih akan terus fokus dengan menjadi jaringan penjualan Toyota. Meskipun saat ini, perkembangan kendaraan listrik di Tanah Air mulai menggeliat, dengan banyaknya masuk pabrikan-pabrikan China.

"Kami stay di Toyota, tapi kita juga lihat yang lain. Bagus tidak itu (merek mobil listrik lain)," tukas Zumadi Anwar, Marketing, Strategic and Digitalization Kalla di kesempatan yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Kendaraan Terjual, IIMS Surabaya 2024 Catatkan Transaksi Rp 247 Miliar

Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Surabaya 2024, sukses dihelat mulai 29 Mei hingga 2 Juni. Pameran otomotif ini, diklaim mampu menarik antusiasme dari masyarakat, dengan total 28.234 pengunjung.

Angka ini melampaui ekspektasi dan menunjukkan peningkatan 12 persen dibandingkan dengan penyelenggaraan 2023.

Selain peningkatan jumlah pengunjung, IIMS Surabaya 2024 juga mencatatkan total transaksi sebesar Rp 247 miliar dengan total 1.147 unit kendaraan berhasil terjual.

Data ini diterima dari laporan resmi setiap peserta pameran, mencerminkan keberhasilan acara ini dalam mendorong pertumbuhan industri otomotif di Surabaya dan sekitarnya.

Project Manager IIMS 2024, Rudi MF, menyampaikan rasa bangga dengan pencapaian IIMS Surabaya 2024. Peningkatan yang signifikan dalam transaksi dan jumlah pengunjung menunjukkan bahwa IIMS Surabaya telah menjadi ikon pameran otomotif di wilayah ini dan platform terpercaya bagi masyarakat Jawa Timur untuk bertransaksi otomotif.

"Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan solid berbagai pihak. Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan IIMS Surabaya dengan kualitas yang lebih baik di tahun-tahun mendatang," ujar Rudi, dalam keterangan resmi, Selasa (11/6/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini