Sukses

Cara Bikin Mobil Jadi Lebih Nyaman Dipakai Mudik Tanpa Menguras Kantong

Disamping pengecekan oli, coolant, filter, ban, dan spooring balancing, masih banyak aspek kenyamanan yang dapat dipersiapkan untuk menambah kenyamanan mobil saat mudik.

Liputan6.com, Jakarta - Mempersiapkan kendaraan untuk melintasi rute perjalanan jauh di momen mudik Lebaran dapat dilakukan dengan mempersiapkan teknis kendaraan. Hal itu bisa dilakukan mulai dari mengecek oli, coolant, filter, ban, spooring-balancing, dan hal lainnya.

Disamping teknis kendaraan, masih banyak aspek kenyamanan yang dapat dipersiapkan untuk menambah kenyamanan mobil tanpa perlu merogoh kocek dalam.

Berikut beberapa ide persiapan mudik yang bisa jadi referensi bagi pengendara, seperti diungkap PT Suzuki Indomobil Sales: 

1. Pastikan AC mobil berfungsi dengan baik untuk perjalanan panjang

Air conditioner (AC) yang berfungsi dengan baik membantu mengurangi stres bagi seluruh keluarga selama perjalanan panjang di jalan yang ramai. 

Saat melakukan servis di bengkel resmi, teknisi biasanya juga akan secara otomatis memeriksa semua komponen AC termasuk evaporator, kompresor, tali kipas, dan filter AC.

2. Persiapkan kebersihan dan aroma kabin

Kabin yang bersih dan harum dapat meningkatkan kenyamanan dan mood selama perjalanan. Untuk menghindari bau tidak sedap dari sisa makanan, disarankan untuk membawa tempat sampah tertutup di dalam mobil.

Pilihlah aroma pengharum mobil sesuai selera dan manfaat yang dimilikinya. Aroma kopi dipercaya dapat menghilangkan bau rokok dan aroma makanan yang menyengat, sementara aroma lemon yang segar dapat memberikan energi tambahan selama perjalanan mudik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Pilih kaca film mobil sesuai kebutuhan dan prosedur

Pemilihan kaca film yang tepat tidak hanya melindungi pengemudi dan penumpang dari sinar UV, tetapi juga mengurangi risiko tindak kejahatan dengan menghalangi pandangan dari luar terhadap barang-barang di dalam mobil.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan, kaca film pada bagian depan dapat memiliki tingkat kegelapan maksimal 40%, sementara pada bagian samping (kiri dan kanan) dapat memiliki tingkat kegelapan maksimal 70%. Untuk kaca film pada bagian belakang dapat disesuaikan dengan kecerahan yang digunakan pada kaca depan untuk memastikan visibilitas tetap optimal.

4. Tentukan posisi tempat duduk yang aman

Meski terdengar sepele, pengaturan tempat duduk merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik dengan anak-anak kecil.  Untuk meningkatkan keamanan, pengguna dapat memanfaatkan fitur ISOFIX yang terdapat pada baris kedua, sehingga car seat dapat dikaitkan dengan jok mobil dengan lebih aman.

Bagi pengemudi yang memiliki anak kecil, disarankan juga agar anak duduk di kursi dengan dukungan khusus di baris kedua dengan dampingan orang dewasa di sebelahnya untuk memastikan keselamatan mereka sepenuhnya terjamin.

 

3 dari 4 halaman

5. Aktifkan fitur Engine Auto-Stop untuk efisiensi bahan bakar

Perjalanan mudik di Indonesia sering kali diwarnai oleh lalu lintas stop & go yang dapat memengaruhi konsumsi bahan bakar. Namun, mobil yang dilengkapi fitur engine auto-stop pada dapat memberikan kemudahan dan efisiensi selama perjalanan mudik jika fitur diaktifkan.

Saat baterai mencukupi, fitur ini akan secara otomatis mematikan mesin saat kendaraan berhenti untuk beberapa saat, mengurangi konsumsi bahan bakar secara signifikan.

Fitur seperti ini juga bisa didapati pada mobil Suzuki hybrid. 

"Tentu momen mudik yang sudah dinanti-nantikan ini harapannya bisa dijalani dengan nyaman dan penuh cerita baik. Menyambut momen libur lebaran 2024, Suzuki menghimbau agar pelanggan setia kami menyiapkan mobilnya dengan maksimal untuk perjalanan mudik yang berkesan, dan bila memerlukan bantuan layanan service atau pengecekan kendaraan, jaringan bengkel resmi Suzuki akan siaga melayani segala kebutuhan layanan purna jual pelanggan setia kami," tutur Hariadi, Asisten Kepala Departemen Layanan PT Suzuki Indomobil Sales.

Untuk memesan jadwal layanan service bengkel resmi, pelanggan dapat mengaksesnya melalui website www.suzuki.co.id, layanan call center bebas pulsa 24 jam Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 atau Whatsapp Halo Suzuki di nomor 0811-1993-0800.

4 dari 4 halaman

Infografis Deretan Ruas Jalan Tol Beri Diskon Tarif Saat Mudik Lebaran 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini