Sukses

Generasi Terbaru Mercedes-Benz E-Class W214 Mendarat di ASEAN, Kapan Masuk Indonesia?

Mercedes-Benz E-Class W214 mejeng di gelaran Bangkok International Motor Show dengan dua model trim AMG, bisa jadi termasuk agenda peluncuran 8 model barunya Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil sedan Mercedes-Benz E-Class generasi keenam, W214 telah memulai debutnya hampir setahun yang lalu. Namun, generasi terbaru dari model sedan eksekutif ini baru saja mendarat di ASEAN, tepatnya pada gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS).

Disitat dari PaulTan, E-Class W214 hadir di Thailand dengan dua pilihan sumber daya, yaitu mild hybrid dan plug-in hybrid.

model diesel mild hybrid hadir dalam Mercedes-Benz E220d AMG Line yang memiliki mesin turbodiesel empat silinder 2,0 liter OM654 yang menghasilkan tenaga 189 tenaga kuda dan torsi 440 Nm dengan tambahan motor listrik sistem mild hybrid 48 volt bertenaga 23 tenaga kuda dan torsi 220 Nm.

Tenaga itu dipindahkan dari mesin dengan gearbox otomatis 9G-Tronic sembilan percepatan.

Sementara plug-in hybrid hadir dalam Mercedes-Benz E350e AMG Dynamic yang ditenagai mesin bensin 2,0 liter M254 turbo dan motor listrik yang jika dipadukan akan menghasilkan total output sebesar 309 tenaga kuda dan torsi 550 Nm.

Konfigurasi tersebut memungkinkan mobil untuk berlari dari nol hingga 100 km/jam dalam 6,4 detik dan memiliki kecepatan maksimum 236 km/jam.

Generasi terbaru kedua sedan E-Class ini baru memulai debutnya di Thailand. Untuk di Indonesia, belum didapati kabar pasti. Namun, Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) mengungkapkan masih akan mengeluarkan 8 model mobil lagi hingga akhir 2024.

"Tahun ini kita rencana luncurkan sepuluh kendaraan. Sudah kita launching dua kemarin, GLA Facelift dan CLE pada saat BCA Expo. Jadi sisanya delapan," ungkap Sales and Marketing Director MBDI, Kariyanto Hardjosoemarto minggu lalu, Senin (25/3/2024).

"Kebetulan yang akan segera kita launching adalah performance car," tambahnya.

Melihat kedua seri E ini termasuk ke dalam trim performance AMG, bisa jadi kedua model ini termasuk yang akan segera diboyong ke Indonesia tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur dan Harga E220d AMG Line dan E350e AMG Dynamic

Desain Mercedes-Benz E-Class terbaru bisa dibilang mirip model EQ yang mudah terlihat dari grilnya.

Sesuai dengan nama variannya, kedua model hadir dengan bodykit AMG Line, grafis bintang berujung tiga yang cukup mencolok di gril dengan sekeliling hitam gloss, lampu depan reflektor LED High Performance, dan velg AMG palang lima berukuran 19 inci.

Pada E350e terdapat perbedaan pada lampu depan proyektor Digital Light yang lebih berkelas, gril yang menyala, dan velg multi-spoke 20 inci.

Di dalam kedua model ini didapati MBUX Superscreen yang terdiri dari layar instrumen digital 12,3 inci, layar sentuh infotainmen 14,4 inci, dan layar sentuh kedua sebesar 12,3 inci untuk penumpang depan.

E220d juga dilengkapi dengan kursi sport depan bertenaga, berpenghangat, dan berventilasi dengan memori dan penyesuaian pinggang, jok kulit, trim interior hitam kilap, Apple CarPlay dan Android Auto, pengisi daya nirkabel Qi, pengatur suhu zona ganda, kamera interior, sistem kamera 360 derajat, dan tutup bagasi bertenaga handsfree.

Eksklusif pada E350e, terdapat tampilan head-up, pencahayaan ambien aktif, laminasi akustik pada kaca yang dapat meredam suara di kaca depan dan jendela samping, trim kayu abu hitam, MBUX Interior Assistant, dan sistem suara surround Burmester 4D.

Dari elemen keselamatan, E-Class hadir dengan tujuh airbag, kontrol stabilitas dan paket Driving Assistance Plus yang mencakup pengereman darurat otonom, kontrol jelajah adaptif Distronic dengan stop and go, bantuan pemusatan jalur, pemantauan titik buta, bantuan parkir, dan lampu jauh adaptif.

Meski lebih canggih, harga awal yang ditawarkan tetap pada 3,99 juta baht atau sekitar Rp 1,7 miliar untuk E220d AMG Line dan 4,25 juta baht atau sekitar Rp 1,8 miliar pada E350e AMG Dynamic.

3 dari 4 halaman

Mercedes-Benz Indonesia Masih Punya 8 Model Baru yang Siap Meluncur di 2024

Usai mengurus akuisisi distribusi dan perakitan dengan Inchcape sebagai usaha patungan sejak Oktober 2023, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) akan kembali berfokus pada penjualan dan beberapa peluncuran model-model baru setelah momen Lebaran Idul Fitri di bulan April.

Sales and Marketing Director MBDI, Kariyanto Hardjosoemarto mengungkapkan rencana MBDI tahun ini akan mencakup peluncuran 10 model Mercedes-Benz. Dari 10 model yang akan diboyong ke Indonesia, dua di antaranya adalah mobil listrik.

"Tahun ini kita rencana luncurkan sepuluh kendaraan. Sudah kita launching dua kemarin, GLA Facelift dan CLE pada saat BCA Expo. Jadi sisanya delapan," papar Kariyanto kepada awak media saat ditemui di bilangan SCBD Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2024).

Pada Februari lalu, MBDI telah secara resmi meluncurkan model tahun terbarunya untuk sedan All New CLE 300 Coupé dan SUV New GLA 200.

Untuk kedepannya, rencana delapan sisa peluncuran model Mercy tersebut dikatakan akan mengadopsi powertrain listrik.

"Ada ICE ada BEV. BEV ada dua, berarti sisanya ICE," ungkap Kariyanto atau yang lebih akrab disapa Keri.

"Untuk yang BEV nanti ada selesai Lebaran sama nanti akhir tahun," tambahnya.

Terkait model spesifik dari segmen kelas apa yang akan diluncurkan, Kariyanto tidak ingin membocorkannya lebih lanjut.

Namun, jika melihat seri mobil listrik Mercy di Indonesia yang kini diisi EQA, EQB, EQE, dan EQS serta seri SUV-nya, boleh jadi Mercedes-Benz akan menambah koleksi listrik untuk V-Class milinya dengan EQV atau menambah seri SUV untuk EQE.

Namun, sebelumnya Keri juga sempat membocorkan bahwa model yang akan segera perusahaan launching masuk ke dalam segmen performance.

"Kebetulan yang akan segera kita launching adalah performance car," katanya.

Ini menambah beberapa kemungkinan lebih luas bahwa salah satu di antaranya akan terdiri dari lini AMG. Namun, yang pasti antara 6 kendaraan konvensional yang tersisa, di antaranya adalah facelift dan all new.

4 dari 4 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini