Sukses

Kick Starter pada Motor Bisa Tiba-Tiba Bermasalah, Begini Cara Mencegahnya

Kick starter atau starter kaki pada sepeda motor akan sangat berguna saat starter elektrik bermasalah. Selain itu, kick starter pun bisa diandalkan saat kondisi aki sudah jelek.

Liputan6.com, Jakarta - Kick starter atau starter kaki pada sepeda motor akan sangat berguna saat starter elektrik bermasalah. Selain itu, kick starter pun bisa diandalkan saat kondisi aki sudah jelek.

Namun, keberadaan kick starter kadang terlupakan sehingga tidak dirawat. Sehingga bisa saja  starter kaki juga bisa bermasalah. Bayangkan jika starter elektrik tak berfungsi, lalu kick starter juga tak bisa berfungsi. Mesin tak akan menyala.

 

Kick starter keras biasanya karena sudah berkarat. Menurut Honda Cengkareng, hal itu terjadi karena kick starter jarang digunakan dan tidak pernah dilumasi dengan oli. Akibatnya, per stopper penghubung gir dan gir primer berkarat.

Jika sudah begini, cara mengatasi kick starter keras harus membongkar blok CVT. Lalu bersihkan bagian penghubung gir menggunakan kuas dan angin bertekanan tinggi (kompresor).Supaya semakin lancar dan tidak keras, gunakan gemuk atau grease pada per stopper dan alur gir agar tetap licin. 

Setelahnya, tentu Anda harus menjaga kick starter agar siap dipakai kapan saja. Caranya, tentu dengan merawatnya secara rutin.

Minimal 6 bulan sekali atau setiap 8.000 kilometer dengan melepas cover CVT lalu lepaskan gigi pengungkit dengan menarik dan menggerak-gerakkan starter kaki ke bawah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apa itu Kick Starter pada Motor?

Kick starter merupakan sistem starter yang mengharuskan pengendara untuk menggunakan tenaga kaki atau kaki untuk menyalakan mesin.

Caranya adalah dengan melakukan tekanan pada tuas kick starter yang terletak di samping sepeda motor.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini