Sukses

Kenali Tanda-Tanda Busi Sepeda Motor Mulai Soak

Seperti layaknya komponen roda dua lainnya, busi juga memerlukan perhatian dan perawatan agar kondisi dan kinerjanya tetap optimal

Liputan6.com, Jakarta - Busi menjadi salah satu komponen di sepeda motor yang memiliki peran cukup penting. Berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh koil pengapian, menjadi percikan api untuk membakar campiran udara dan bensin di ruang bakal.

Seperti layaknya komponen roda dua lainnya, busi juga memerlukan perhatian dan perawatan agar kondisi dan kinerjanya tetap optimal.

Jika dibiarkan dalam kondisi buruk, kinerja busi bakalan tidak sempurna dan pasti langsung menggangu performa sepeda motor dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Disitat dari laman resmi Wahana Honda, berikut tanda-tanda busi sepeda motor sudah harus diganti:

Distarter Nggak Nyala

Tanda-tanda busi mulai ngadat dan paling mudah dikenali adalah mesin motor sulit dihidupkan, baik ketika dihidupkan dengan menggunakan elektrik starter maupun diengkol.

Umumnya hal ini bisa terjadi karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak mencukupi untuk memicu pembakaran di dalam mesin. Nah, inilah tanda utama bahwa busi harus segera diganti.

Sulit Akselerasi Cepat

Ketahuilah, jika kondisi busi sudah aus, maka sangat jelas bakal mempengaruhi performa mesin sepeda motor secara keseluruhan. Antara lain adanya penurunan tenaga atau sulit berakselerasi dengan cepat.

Efeknya, mesin terasa lebih lemah saat pada posisi menanjak atau saat berakselerasi di kecepatan tinggi. Ini terjadi karena terdapat perubahan jarak antara elektroda dan massa (ground) pada busi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Boros Bensin

Dipastikan boros bensin. Karena konsumsi bahan bakar tanpa sadar mendadak meningkat. Ketika busi mengalami keausan dan menghasilkan kondisi misfire, membuat proses pembakaran tidak sempurna.

Banyak bahan bakar yang terbuang sia-sia saat kondisi tersebut terjadi, pada akhirnya akan menyebabkan endapan kotoran terbentuk pada ujung insulator busi atau elektroda.

Suara Jadi Kasar

Coba perhatkan baik-baik, saat mesin sepeda motor saat dihidupkan. Pada sepeda motor yang memiliki silinder lebih dari satu, suara mesin bakal terdengar tidak halus atau kasar dan muncul muncul getaran yang tidak biasa, salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada busi.

Sebagai acuan menentukan waktu kapan saat tepat mengganti busi adalah dapat mengambil patokan jumlah km yaitu ketika kendaraan dari 0 km mencapai 8.000 km atau 8 bulan (Kelipatan 8.000 periodik penggantian busi).

Alasannya, busi yang rusak bisa berpengaruh terhadap fungsi silinder motor. Keadaan ini sering disebut sebagai mesin pincang dan sebaiknya segera membawa motor ke bengkel untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini