Sukses

Mazda Targetkan Pabriknya di Jepang Gunakan 75% Bahan Bakar Non-Fosil pada 2030

Merek mobil asal Jepang, Mazda berencana untuk mengurangi emisi CO2 sebesar 69% pada 2030 di seluruh pabrik Jepang, sebelum pada akhirnya mencapai netralitas karbon pada 2035.

Liputan6.com, Jakarta - Merek mobil asal Jepang, Mazda berencana untuk mengurangi emisi CO2 sebesar 69% pada 2030 di seluruh pabrik Jepang, sebelum pada akhirnya mencapai netralitas karbon pada 2035.

Dilansir Carscoops, Mazda akan memperkenalkan energi terbarukan di seluruh pabriknya, dimulai dengan peralihan dari bahan bakar fosil ke amonia cair di pabrik Hiroshima, yang pada akhirnya Mazda berharap dapat mencapai rasio penggunaan bahan bakar non-fosil sebesar 75% pada 2030. 

Mazda akan mengganti bahan bakar yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan di dalam perusahaan dari diesel ke bahan bakar nabati generasi berikutnya. 

Dalam kasus-kasus di mana perpindahan ke sumber bahan bakar alternatif sulit dilakukan, Mazda akan mempromosikan pelestarian kehutanan dan penghutanan kembali untuk menyerap CO2 di wilayah Chugoku, Jepang, di antara area-area lainnya.

Mazda juga akan menyelidiki cara terbaik untuk mengurangi emisi CO2 dari pabrik-pabriknya di luar Jepang dengan menggunakan inisiatif netral karbon di Jepang sebagai model referensi.

Director and Senior Managing Executive Officer Mazda, Takeshi Mukai mengatakan, semua proses produksi kendaraanya akan minim emisi CO2 dan juga pencegahan pemanasan global yang sejatinya upaya tersebut merupakan tanggung jawab semua produsen otomotif.

"Mazda akan bergerak maju dengan inisiatif netral karbon sejalan dengan rencana kami untuk berkontribusi pada pengurangan emisi CO2 dan pencegahan pemanasan global di semua proses kami termasuk transportasi manufaktur, penggunaan, dan daur ulang/pembuangan, karena kami percaya bahwa upaya-upaya seperti itu merupakan tanggung jawab utama produsen otomotif," ucap Takeshi Mukai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Model Terbaru Mazda 2 Hatchback Meluncur di Indonesia

PT Eurokars Motor Indonesia (PT EMI) sebagai distributor resmi Mazda resmi meluncurkan Mazda 2 Hatchback. Model yang kini tersedia dalam varian GT ini hadir dengan berbagai ubahan kosmetik dan juga fitur canggih.

Di bagian eskterior, terdapat New Front Grille and Signature Wing, New Front Bumper Design, New 16-inch Alloy Wheel Design, dan Red Accent on Rear Bumper yang memperkuat sisi sporty dari Mazda2 Hatchback.

Keseluruhan pembaruan tersebut semakin lengkap dengan pilihan warna baru yaitu Aero Gray Metallic dan Air Stream Blue Metallic.

Pada bagian interior dan aspek keselamatan juga ditingkatkan dengan hadirnya Leather+Cloth Seat, Auto-dimming Interior Mirror, Curtain & Side Airbags, Smart City Brake Support (Forward & Reverse), Lane Departure Warning System (LDWS), serta Driver Attention Alert (DAA).

"Mazda 2 ini kan sudah cukup lama di Indonesia. Sehingga kita butuh refereshment dengan tampang dan fitur baru. Ini sesuai dengan arahan global juga," ujar Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia, Rabu (29/11/2023).

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.