Sukses

Raider J Crossover, Bebek Dual Purpose Andalan Suzuki

Kehadiran Yamaha PG-1 cukup menghebohkan para pecinta roda dua. Model anyar ini disebut-sebut menjadi penantang kuat Hond CT125

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Yamaha PG-1 cukup menghebohkan para pecinta roda dua. Model anyar ini disebut-sebut menjadi penantang kuat Hond CT125.

Namun di Filipina, Suzuki juga memiliki model yang bisa menjadi kompetitor. Dia adalah Suzuki Raider J Crossover. Model dual purpose dengan basis Smash FI itu ditawarkan dengan banderol PHP 69,900 atau Rp19,5 jutaan. 

Jantung pacu Suzuki Raider J Crossover memakai mesin 4 tak 113 cc, SOHC, 2 valve, silinder tunggal. Ukuran bore kali stroke 51 mm X 55,2 mm berikut rasio kompresi 9:4. Relatif kecil, sehingga minum bensin RON 90 pun tak masalah. Pengabutan enjin sudah injeksi, lalu pendinginan pakai udara, belum gunakan radiator.

Hasil pembakaran internal memberikan tenaga puncak 9,24 PS di 7.500 rpm. Sedangkan torsi maksimal digapai 9 Nm di 6.500 rpm.

Seluruh power disalurkan melalui transmisi manual constant mesh 4-speed. Untuk menyalakan mesin bisa pakai elektrik maupun kick starter. Kemudian kapasitas tangki bahan bakar cuma 4 liter. 

Mengenai dimensi, Suzuki Raider J Crossover memiliki panjang 1.970 mm, lebar 810 mm, tinggi 1.046 mm serta jarak sumbu roda 1.224 mm.

Sedangkan ground clearance mencapai 156 mm, bobot total kendaraan 97 kg, serta ketinggian jok dari tanah 775 mm. Lanjut ukuran ban depan semi block 70/90-17M/C 38 P dan belakang 80/90-17M/C 44 P.

Namun sayang belum tubeless. Peleknya juga tipe jari-jari 17 inci, supaya lebih lentur saat melintasi jalanan tak rata.

Soal pengereman, roda depan menggunakan cakram berukuran sedang dan di belakang bertipe tromol. Dari tampilan bodi hingga ke belakang sama seperti Smash Fi.

Tulisan Crossover besar tertempel di samping. Sedangkan raut muka bergaya trail. Bentuk batok kepala seperti diadopsi dari Suzuki DR150. Termasuk bagian spakbor depan. Seluruh pencahayaan mengandalkan bohlam halogen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Lain

Kemudian untuk bagian redaman berkendara. Suspensi depan Raider J Crossover tipe tongkat memiliki ukuran diameter 31 mm plus rubber boots buat perlindungan dari cipratan lumpur. Sedangkan penyangga roda belakang pakai double tube rear suspension.

Kelengkapan fitur juga tidak ada yang istimewa. Bagian panel meter semuanya serba-analog. Pakai anak kunci bahkan tanpa pilihan rem ABS.

Posisi knalpot juga masih sama dengan Smash Fi. Nah, opsi warna bebek trail Suzuki ini memiliki empat cat yakni: champion yellow, flame red, grand blue, serta solid black.

Ia dirancang sendiri oleh Suzuki Filipina sesuai dengan bentang alam Negeri Lumbung Padi. Jadi hanya dilego di market domestik. Kendaraan sudah mengaspal di sana sejak 2020.

PT Suzuki Indomobil Sales tidak memiliki produk semacam ini. Tapi setidaknya Raider J Crossover bisa dipakai acuan modifikasi Smash lama Anda untuk dijadikan bebek petualang.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.