Sukses

Ban Motor Depan dan Belakang Punya Fungsi Tersendiri, Kenali Perbedaannya

Ban menjadi salah satu komponen yang penting untuk sepeda motor

Liputan6.com, Jakarta - Ban menjadi salah satu komponen yang penting untuk sepeda motor. Sebagai satu-satunya yang bersentuhan langsung dengan jalanan, si kulit bundar tentunya sangat erat hubungannya dengan keamanan dan kenyamanan.

Dengan begitu, ketika membeli ban motor baru, baik depan atau belakang, pemilik juga harus memperhatikan ukuran yang diinginkan. Artinya antara ban motor bagian depan dan belakang selain dari ukurannya, dianggap tidak tidak ada perbedaan.

Namun ternyata, ada beberapa merek ban motor justru membedakan jenis ban depan dan ban belakang. Misalnya, Pirelli, Michelin, dan Aspira Premio memang memisahkan produk ban motor untuk bagian depan dan belakang. Tapi ada juga yang bisa dipakai untuk dua sisi.

Pengklasifikasian kategori ban ini karena fungsi ban motor bagian depan dan belakang dinilai memang berbeda.

Disitat dari laman Wahana Honda, fungsi ban depan selama ini diyakni untuk handling atau bermanuver. Sedangkan ban belakang bertugas menjaga bobot motor dan keseimbangan.

Jika melihat fungsinya, jika penggunaan ban terbalik, dampaknya akan cukup mengganggu kenyamanan dan keamanan saat berkendara.

Kalau pemakaian ban itu terbalik, mungkin sebetulnya tidak terlalu pengaruh. Cuma ketika berjalan di atas jalanan basah, traksinya akan kurang bagus dan kembangan ban juga kurang baik dalam memecah air.  Sehingga akan kurang aman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara bedakan ban

Jika penggunaan ban motor salah posisi bisa berefek tak nyaman seperti layaknya memakai sepasang sandal, tetapi terbalik. Agar tidak salah ketika membeli ban, ada beberapa cara untuk membedakan ban motor khusus bagian depan atau belakang.

Contohnya pada merek Pirelli, label produknya disertai keterangan Front yang artinya untuk ban depan, Rear untuk ban belakang, hingga Front/Rear yang bisa dipakai untuk kedua sisi.

Sementara untuk Michelin, konsumen perlu lebih teliti karena keterangan tersebut terdapat di bagian dinding ban.

Cirinya terdapat pada arah rotasi ban, seperti tanda panah dengan keterangan Front yang menandakan ban ini hanya untuk bagian depan. Selain itu ada juga ban Michelin yang punya tanda dua arah rotasi ban dengan keterangan Front dan Rear, artinya ban ini diperuntukan buat bagian depan atau belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.