Sukses

Triumph Recall Rocket 3 Akibat Sistem Pengereman Bermasalah

Triumph Amerika melakukan recall untuk semua Triumph Rocket 3 mulai produksi tahun 2020. Keputusan untuk recall dilakukan karena adanya potensi masalah pada silinder master rem belakang.

Liputan6.com, Jakarta - Triumph Amerika melakukan recall untuk semua Triumph Rocket 3 mulai produksi tahun 2020. Keputusan untuk recall dilakukan karena adanya potensi masalah pada silinder master rem belakang.

Pada sepeda motor yang terdampak, jarak tempuh pedal rem belakang dapat bertambah lebih jauh dari yang diharapkan, yang dapat menyebabkan jarak pengereman menjadi lebih jauh. Hal ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Dilansir rideapart, Triumph telah menyelidiki masalah ini dan menentukan bahwa master silinder rem belakang 12,7 mm yang asli tidak lagi dapat memindahkan minyak rem secara memadai untuk jarak yang diperlukan karena gelembung udara secara alami terbentuk di dalam minyak rem dari waktu ke waktu. 

Udara yang dihasilkan pada saluran rem kemudian dapat menyebabkan jarak tempuh pedal rem yang lebih panjang, terutama jika pengendara tidak melakukan pemeriksaan keselamatan sebelum berkendara dan menyadari adanya masalah ini, karena masalah ini hanya berkembang dari waktu ke waktu dan bersifat kumulatif, bukan tiba-tiba.

Solusi Triumph untuk masalah ini adalah master silinder rem belakang berdiameter 14,0 mm yang lebih besar, yang dikatakan dapat menampung minyak rem dengan volume yang lebih besar. Perbedaan ukuran ini dapat mengatasi gelembung udara yang mungkin terbentuk di saluran rem .

Triumph terus merekomendasikan agar semua pengendara melakukan pemeriksaan keselamatan sebelum berkendara setiap hari, untuk mengidentifikasi potensi masalah sebelum menimbulkan risiko yang serius. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penggantian Suku Cadang Gratis

Penarikan kembali ini akan melibatkan dealer resmi Triumph Motorcycles untuk mengganti silinder master rem belakang yang terkena dampak dengan unit silinder master rem belakang berdiameter lebih besar yang baru, tanpa dipungut biaya.

Jika pemilik telah melakukan servis seperti itu pada Rocket 3 mereka, mereka mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan penggantian.

Triumph Amerika memberi tahu jaringan dealernya tentang penarikan ini pada tanggal 1 November 2023. Selain itu, mereka juga mengirimkan pemberitahuan kepada pemilik terdaftar dari sepeda motor yang terkena dampak pada tanggal 15 November 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini