Sukses

Kunci Motor Tiba-Tiba Macet, Begini Cara Mengatasinya

Motor keluaran tahun lama, masih banyak yang menggunakan kunci jenis putar. Meskipun, saat ini sudah ada sistem kunci yang lebih canggih, atau disebut keyless

Liputan6.com, Jakarta - Motor keluaran tahun lama, masih banyak yang menggunakan kunci jenis putar. Meskipun, saat ini sudah ada sistem kunci yang lebih canggih, atau disebut keyless.

Biasanya, permasalah yang sering terjadi di sistem kunci putar, adalah macet dan tentunya tidak bisa diputar. Hal tersebut, akan sangat merepotkan, terlebih jika pemilik roda dua harus berangkat terburu-buru.

Penyebab kunci motor macet sangat beragam, ada yang terjadi karena pemakaian pengguna yang tidak benar, dan juga karena endapan air masuk ke kontak kunci. Namun penyebab kunci motor macet yang paling utama adalah kotoran yang masuk ke kontak kunci seperti debu dan tetesan air.

Nyatanya, beberapa motor keluaran baru sudah mengantisipasi hal ini terjadi dengan menggunakan bahan stainless steel pada kontak kunci dan menggunakan penutup kunci. Namun hal tersebut tidak mengantisipasi secara penuh karena permasalahan kunci macet juga kerap ditemukan pada motor keluaran baru.

Dilansir dari Wahana Honda, berikut cara mengatasi kunci sepeda motor yang macet:

1. Tekan Kunci dan Putar Setir

Cara awal untuk mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar adalah dengan menekan kunci motor dan memutar setir ke kiri dan kanan. Hal ini dilakukan untuk mencari celah agar kunci dapat bergerak. Pastikan memutar kunci dan setir sekuat-kuatnya.

2. Pelumas Besi

Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan dan melumasi silinder kunci. Ini dapat dilakukan dengan menyemprot silinder kunci dengan cairan pembersih kontak elektrik untuk membersihkannya dari kotoran.

Kemudian teteskan sedikit cairan grafit guna melumasinya. Saat proses ini dilakukan, putar kunci motor sekuat-kuatnya sambil menggoyangkan setir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kunci Bengkok

Mungkin jarang disadari, namun salah satu penyebab kunci motor tidak bisa diputar adalah karena kunci yang sudah bengkok.

Untuk membuktikan bengkok atau tidak, letakan kunci di tempat yang datar, pasti akan terlihat kunci keadaan bengkok atau tidak. Jika kunci dalam posisi bengkok, segera perbaiki atau langsung ganti dengan yang baru.

4. Posisi Kunci Salah

Pada beberapa jenis silinder kunci, selongsong mungkin berada dalam posisi yang terkunci, hingga pernya tidak mampu mendorongnya kembali. Oleh karena itu, jangan tergesa-gesa ketika Anda memasukkan kunci pada kontak agar posisi kunci dalam posisi yang benar dan dapat diputar.

Namun jika semua langkah di atas sudah dilakukan, dan kunci tetap macet. Segera hubungi tenaga ahli untuk menanganinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini