Sukses

Lima Cara Membersihkan Kerak Pada Mesin Mobil

Membersihkan kerak mesin mobil bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Anda bisa menggunakan berbagai sabun khusus yang dijual di toko otomotif atau menggunakan sabun cuci piring yang biasa ditemui di rumah dengan sangat mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Membersihkan kerak mesin mobil bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Anda bisa menggunakan berbagai sabun khusus yang dijual di toko otomotif atau menggunakan sabun cuci piring yang biasa ditemui di rumah dengan sangat mudah.

Membersihkan kerak mesin mobil sendiri dapat menjaga kebersihan serta menjaga performanya agar tetap prima. Tidak jarang para pemilik kendaraan yang mengabaikan pentingnya untuk membersihkan kerak mesin mobil, akhirnya merasakan performa kendaraannya menurun.

Kejadian seperti ini biasanya terjadi karena kerak pada mesin yang tidak dibersihkan akan membuat banyak residu menumpuk. Penumpukan residu, disertai kotoran ini bisa menyebabkan kerusakan dan bisa membuat mesin menjadi lebih panas.

Banyaknya residu dan kotoran tidak hanya membuat mesin mobil panas, tetapi juga mengakibatkan komponen lain pada mesin pun cepat rusak. Maka dari itu, menjaga kebersihan pada mesin mobil sangat penting untuk dilakukan secara berkala.

Meski sering diabaikan oleh sejumlah pemilik kendaraan, membersihkan kerak oli pada mesin sangat banyak manfaatnya. Selain membuat penampilannya terlihat bersih, membersihkan kerak mesin mobil dapat memperpanjang usia pakai mesin mobil.

Untuk membersihkan kerak oli pada mesin, Anda dapat melakukan beberapa cara yang dibagikan oleh Wuling Indonesia.

1. Ganti Oli yang Lama dengan Baru

Sebelum mengganti oli pada mesin mobil, pastikan untuk mematikan mesin mobil Anda. Setelah itu, buka tutup oli mesin dan keluarkan semua oli yang ada di dalamnya.

Bersihkan sisa oli mesin mobil lama menggunakan pompa oli atau alat lainnya. Pastikan untuk membuang oli ke tempat yang telah disediakan untuk menangani limbah oli.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Bersihkan Kerak Oli yang Menumpuk

Setelah mengeluarkan oli mobil yang lama, bersihkan kerak oli yang terkumpul di bagian bawah mesin. Gunakan beberapa alat untuk membersihkannya seperti spons, sikat, atau bahkan semprotan air.

Pastikan untuk menggunakan alat yang lembut agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin. Bisa jadi saat membersihkan malah membuat bagian luar mesin rusak.

3. Cuci Bagian Mesin

Setelah membersihkan kerak oli pada bagian bawah mesin, cucilah mesin mobil sampai bersih. Ini akan membantu Anda menghapus sisa-sisa oli yang masih melekat di bagian bawah mesin. Pastikan untuk menggunakan air dingin untuk membersihkan mesin Anda.

4. Masukkan Pelumas yang Baru

Setelah mencuci bagian luar mesin mobil dengan bersih menggunakan air dingin, Anda harus mengisi oli baru ke dalam mesin mobil. Pelumas yang baru diperlukan untuk melumasi bagian-bagian mesin.

Pelumas ini juga akan membantu melindungi mesin dari korosi. Pastikan untuk menggunakan jenis oli dan pelumas yang sesuai dengan jenis mesin Anda.

5. Lakukan Penggantian Oli Secara Teratur

Penggantian oli secara teratur akan membuat mesin mobil Anda tetap efisien dan berfungsi dengan baik.

Pastikan untuk membeli oli yang sesuai dengan jenis mesin Anda. Ini akan membantu Anda menjaga mesin Anda tetap terlindungi dan bekerja dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.