Sukses

Wakili Indonesia, Tiga Mekanik AHM Siap Unjuk Skill di Kontes Tingkat Dunia

Kontes mekanik Honda Global Technician Contest Motorcycle (GTC) 2023 akan berlangsung 7-8 Oktober 2023 di Honda Technical College Kanto, Tokyo, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Kontes mekanik Honda Global Technician Contest Motorcycle (GTC) 2023 akan berlangsung 7-8 Oktober 2023 di Honda Technical College Kanto, Tokyo, Jepang. Tiga perwakilan PT Astra Honda Motor (AHM) akan berpartisipasi dalam kompetisi internasional ini.

Ketiganya adalah Masngudin, Muhammad Ahi Wahyuni, dan Dodik Kuswinarno. Mereka akan unjuk skill terbaiknya di antara mekanik lain dari 12 negara peserta.

Mereka berangkat dengan modal kuat karena sebelumnya telah berhasil mencatatkan namanya sebagai deretan pemenang yang membanggakan di kompetisi serupa tingkat Asia & Oceania.

Untuk diketahui, Muhammad Ahi Wahyuni dan Dodik Kuswinarno merupakan pemenang Honda Asia & Oceania Motorcycle Technician Skill Contest 2018.

Ahi menyabet juara pertama di kategori motor reguler, dan Dodik merupakan juara di kelas big bike. Sedangkan Masngudin merupakan juara kedua dari ajang yang sama tahun 2023 lalu di Bangkok, Thailand, kategori motor reguler.

General Manager Technical Service Division AHM V.H Kunsala Krishna mengatakan, GTC 2023 akan menjadi ajang kalibrasi kemampuan teknisi sepeda motor Honda Indonesia di kancah dunia.

Melalui kompetisi ini, ilmu dan pengalaman peserta akan menjadi bekal dalam melayani dan meningkatkan kepuasan konsumen Honda di Tanah Air.

"Upaya ketiga perwakilan teknisi Honda asal Indonesia dalam mengasah skill melalui kompetisi diharapkan mampu menginspirasi lebih dari 19.000 teknisi sepeda motor Honda lainnya untuk memberikan layanan purna jual terbaik di jaringan," katanya.

Sekadar informasi, ketiga mekanik Honda ini bersaing dengan teknisi sepeda motor Honda terbaik dari 12 negara lain yakni Thailand, Vietnam, Taiwan, China, Jepang, Argentina, Brazil, Meksiko, Qatar, Belanda, Belgia, hingga Inggris Raya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Matang

Semua peserta akan diuji kemampuannya dalam hal pengetahuan, ketepatan prosedur kerja, keakuratan diagnosa, kecepatan dan keamanan kerja.

Ujian yang diberikan untuk para peserta meliputi teori yang diambil dari Honda Training Modul, buku pedoman reparasi, buku pedoman pemilik, hingga pengetahuan terkait teknologi terbaru sepeda motor Honda.

Sementara itu, tes kemampuan praktik terdiri dari berbagai hal, mulai dari bongkar pasang, pemeriksaan, pengukuran, diagnosa masalah, perbaikan, hingga pemeriksaan akhir.

Salah satu wakil Indonesia, Dodik Kuswinarno menyatakan, untuk menghadapi GTC 2023 ia bersama dua rekannya melakukan persiapan dengan intens. Mulai latihan fisik dua kali seminggu, belajar dan latihan soal teori, analisa teknik, praktik on & off vehicle, serta kecepatan kerja. Ini kami lakukan selama tiga bulan terakhir.

"Semoga persiapan kami membuahkan hasil maksimal untuk mengharumkan nama Bangsa Indonesia," harapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini