Sukses

Melawan Rasa Sakit, Pembalap Gresini Racing Tuai Poin Tambahan dari Sprint Race MotoGP Jepang 2023

Tim Gresini Racing MotoGP melakoni seri MotoGP Jepang 2023 hanya dengan mengandalkan satu pembalap, yakni Fabio Di Giannantonio.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Gresini Racing MotoGP melakoni seri MotoGP Jepang 2023 hanya dengan mengandalkan satu pembalap, yakni Fabio Di Giannantonio. Alex Marquez harus absen lantaran masih dalam tahap perawatan dan pemulihan usai mengalami insiden jelang MotoGP India 2023 pekan lalu.

Fabio Di Giannantonio sendiri belum 100 persen pulih dari cedera yang ia alami pasca MotoGP Misano 2023. Pada MotoGP India kemarin pun ia tak mampu melanjutkan balapan karena merasakan nyeri hebat pada bagian bahunya. Padahal jalannya balapan tinggal dua putaran lagi.

Namun pada Sprint Race MotoGP Jepang 2023 yang berlangsung siang tadi ia mampu memberikan penampilan terbaiknya dengan finish di posisi delapan (8). Pembalap yang akrab disapa Diggia itupun mendapat tambahan dua (2) poin.

"Point pertama di Sprint Race, tapi tidak hanya itu, balapan ini memberikan kami banyak hal positif. Kita bisa mengawali pekan balapan dengan baik, bisa mempertahankan posisi dan bisa bersaing dengan rombongan pembalap terbaik," ujar Diggia.

Meski demikian, pembalap bernomor #49 itu menyebut masih ada yang perlu disempurnakan lagi terutama saat start balapan. Ia juga harus bisa mengesampingkan nyeri di bagian bahu meski sudah memakai painkiller.

"Sayangnya, meski sudah menggunakan painkiller paling kuat, masih terasa nyeri hingga akhir balapan. Kita harapkan tak banyak kendala di balapan nanti," ujarnya.

Sekadar informasi, saat balapan nanti pembalap yang mengandalkan Ducati Desmosedici GP22 itu akan start dari posisi enam (6). Posisi ini didapat saat kualifikasi Q2 dengan catatan waktu 1:43,812 detik.

MotoGP Jepang 2023 sendiri bakal berlangsung Minggu, 1 Oktober besok di Sirkuit Twin Ring Motegi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Sprint Race MotoGP Jepang: Jorge Martin Tercepat, Francesco Bagnaia 3 Besar

Pembalap Pramac Ducati Jorge Martin terus melanjutkan performa impresifnya di MotoGP Jepang 2023. Usai menjadi yang tercepat dalam kualifikasi, Martin kembali menunjukkan taringnya dengan finis terdepan dalam sprint race yang dihelat di Sirkuit Motegi, Sabtu (30/9/2023).

Adapun posisi dua ditempati oleh Brad Binder yang tak kuasa menyaingi kecepatan rider Spanyol. Sementara itu, podium ketiga ditempati oleh Francesco Bagnaia setelah sukses menggusur Jack Miller di lap-lap akhir.

Sprint Race MotoGP Jepang dimulai pukul 13.00 WIB dan diawali dengan warm-up lap. Jorge Martin mampu mempertahankan privilesenya sebagai pemilik pole position dengan menempati urutan terdepan di lap perdana.

Sebaliknya, Francesco Bagnaia justru langsung terlempar ke urutan keempat setelah sebelumnya start tepat di belakang Martin. Adapun tempat kedua dan ketiga secara beruntun diisi oleh Brad Binder serta Jack Miller hingga balapan memasuki lap ketiga.

Di sisi lain, Marc Marquez mencoba memacu kuda besinya ketika sprint race MotoGP Jepang menyisakan 9 lap. Pembalap Repsol Honda itu mendadak mampu menembus lima besar, membuntiti Martin, Binder, Miller, dan Bagnaia yang belum bergeser dari top four.

Posisi Marquez coba diganggu oleh Johann Zarco yang membayang di tempat keenam. Namun, hingga memasuki lap ketujuh, rider asal Spanyol masih bertengger kokoh di belakang Pecco Bagnaia.

Marco Bezzecchi gantian mengancam Marquez di 5 lap terakhir. Ia nyaris mengambil alih posisi 5 besar, sebelum Johann Zarco comeback dan memaksa Marquez serta Bezzecchi tergusur ke urutan 6 serta 7.

Kejutan terjadi jelang memasuki lap 11. Pecco Bagnaia akhirnya berhasil merebut posisi Jack Miller dan gantian menghuni urutan 3. Posisi dua besar yang dihuni Jorge Martin dan Brad Binder masih belum berubah hingga titik ini.

Situasi bertahan hingga lap terakhir. Jorge Martin tak terkejar dan nyaman mengakhiri balapan di posisi terdepan. Brad Binder dipaksa puas finis di urutan dua, dibuntuti Pecco Bagnaia yang melengkapi 3 besar.

Sementara itu, Marc Marquez yang tadinya sempat mengecap lima besar harus rela kembali tergusur ke urutan 7. Pembalap Repsol Honda itu didahului oleh Johann Zarco dan Marco Bezzecchi yang finis di depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.