Sukses

All New Toyota Vios Raih Predikat 5 Bintang dari ASEAN NCAP

All New Toyota Vios memperoleh predikat keselamatan lima bintang dalam uji tabrak yang dilakukan New Car Assessement Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP).

Liputan6.com, Jakarta - All New Toyota Vios memperoleh predikat keselamatan lima bintang dalam uji tabrak yang dilakukan New Car Assessement Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP). Pengujian dilakukan pada 8 September 2023.

Sebelumnya Vios sudah pernah diuji keselamatan melalui lembaga yang sama pada 2011 lalu dengan Phase 1 assessment program. Saat itu, Toyota Vios produksi 2011 hanya mendapatkan peringkat empat bintang dengan catatan nilai 13,61 dari 16,00 poin.

Pada hasil pengujian berikutnya, Vios produksi 2018 menggunakan protokol 2017-2020. Sedan ini kemudian mendapatkan bintang 5 keselamatan dengan skor 18.41 point.

Ini akumulasi dari penilaian penumpang dewasa, penumpang anak, dan Safety Assist Assessment Category.

Pada model terbaru, Vios 2023 kembali mendapatkan bintang 5 dari Asean NCAP. Kali ini dibawah pengujian protokol terbaru yakni 2021-2025. Total skor sedan ini mencapai 78,70 poin. 

Kategori yang diuji adalah perlindungan penumpang dewasa yang menerima 35,25 point, perlindungan penumpang anak 16,64 point.

Masih ada Safety Assist sebanyak 16,08 point dan terbaru kategori motorcycle assisst yang mendapatkan nilai 10,73 point.

Sedan kecil produksi Thailand ini disebutkan menawarkan enam airbags sebagai standar di sebagian besar pasar otomotif di Asia Tenggara, dimana ada juga yang ditawarkan hanya dengan 2 airbag.

Sisi keselamatannya terdiri dari fitur ESC, ABS, seatbelt reminder system untuk penumpang depan dan belakang serta perlindungan pejalan kaki untuk seluruh varian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Lainnya

Tambahan, terdapat teknologi bantuan keselamatan canggih. Fitur opsional ini terdiri dari autonomous Emergency braking untuk di perkotaan, juga perjalanan luar kota.

Pengereman otomatis untuk pejalan kaki, lane departure warning, forward collision warning, lane keep assist, blind spot detection baik di depan dan belakang serta auto high beam.

Vios merupakan produk sedan populer di Asia Tenggara. Pihak Asean NCAP mengungkapkan perkembangan signifikan pada model terbaru ini semenjak kali pertama mereka menguji model yang sama 2012 silam.

Perkembangan teknologi keselamatan ini mendapat pujian dari Asean NCAP dan melihat Toyota sebagai produsen punya komitmen untuk menghadirkan keselamatan di kendaraan buatannya.

Hasil dan perubahan Vios terbaru di sisi keselamatan juga teknologi menguntungkan semua pengguna jalan di Asean.

Vios di Indonesia ditawarkan dalam dua varian yakni G CVT dan G CVT dengan Toyota Safety Sense.

Banderolnya masing-masing Rp363,2 juta untuk non TSS dan Rp376,4 juta untuk varian TSS. Vios bertarung di Indonesia dengan model MG 5 GT serta Mazda 2 sedan.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini